Mendapatkan tubuh ideal pasca melahirkan menjadi dambaan kaum perempuan. Bahkan belakangan banyak tantangan untuk mulai berlari 6 pekan setelah melahirkan (pada kelahiran normal).

Namun, berdasar pada penelitian terbaru yang dipublikasikan di Medicine and Sciene Sports Journal, tubuh perempuan pasca melahirkan membutuhkan waktu pemulihan sekitar 27 pekan.

Ini artinya, olahraga seperti berlari dengan tempo yang tepat bukanlah pilihan yang tepat.

Perubahan organ dalam tubuh terjadi selama kehamilan karena ada banyak bobot di sisi depan tubuh yang masih perlu penyesuaian untuk kembali seperti sebelum kehamilan.  Berlari dapat beresiko timbulkan luka pada pinggul maupun panggul.

Pada periode post partum sekalipun sudah masuk bulan ke-tiga pasca melahirkan, olahraga high impact tetap tidak disarankan. Kaum perempuan perlu mempertimbangkan kembali walaupun sudah mengkonsultasikannya ke dokter.

Lakukan olahraga lain seperti jalan santai dan renang sebagai alternatifnya. Olahraga low-impact merupakan pilihan bijak, sambil menunggu tubuh kembali siap. Berikan waktu untuk tubuh kembali beradaptasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *