Bugaraga – Aktivitas yang Anda lakukan di pagi hari akan berpengaruh pada keseharian Anda. Mood dan produktivitas Anda sedikit banyak ditentukan apa yang Anda rasakan dan lalukan setelah bangun tidur dan memulai hari.

Berbagai tips menurunkan berat badan sudah dilakukan. Mulai dari olahraga rutin, mengurangi asupan kalori, dan juga konsumsi makanan sehat. Tapi berat badan tak kunjung mengalami perubahan.

Tahukah Anda jika kebiasaaan kita di pagi hari juga berpengaruh pada proses penurunan berat badan? Berikut kebiasaan di pagi hari yang tanpa Anda sadari bisa membuat berat badan Anda melonjak.

  1. Tidur terlalu lama

Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon pemicu nafsu makan berlebih. Di sisi lain tidur lebih dari 10 jam juga bisa meningkatkan resiko obesitas, karena kalorinyang masuk tak sebanding dengan energi yang dikeluarkan.

  1. Bermalas-malasan di pagi hari

Kebiasaan membereskan tempat tidur atau menyapu halaman rumah memang terlihat sepele. Tapi kebiasaan aktif di pagi hari akan mempengaruhi produktivitas Anda sepanjang hari. Dengan bermalas-malasan di pagi hari, akan membuat Anda tak bersemangat menjalani hari dan cenderung melakukan kebiasaan yang tidak sehat.

  1. Tidak terkena paparan sinar matahari

Menurut penelitian, orang yang terkena paparan sinar matahari pagi setelah bangun tidur memiliki tingkat keberhasilan menurunkan berat badan lebih tinggi. Paparan sinar matahari membuat tubuh menyesuaikan jam biologisnya, termasuk sistem metabolisme yang berpengaruh pada proses penurunan berat badan.

  1. Melewatkan sarapan

Sumber: drsarasolomon.com

Karena terburu-buru atau dengan alasan diet, tak jarang orang melewatkan sarapan. Padahal sarapan penting untuk asupan energi di pagi hari. Tidak sarapan akan mebuat Anda makan dengan porsi lebih banyak di siang hari. Sama halnya dengan konsumsi makanan tak sehat juga dapat membuat Anda mengantuk, sehingga menganggu aktvitas Anda.

  1. Tak peduli pada berat badan

Banyak orang ingin kurus, tapi fobia ketika melihat angka timbangan. Padahal proses penurunan berat badan akan lebih mudah ketika kita mengetahui progress nya, bukan hanya terpaku pada hasil akhir. Waktu paling tepat untuk menimbang berat badan adalah pagi hari karena berat badan ada di angka paling rendah, sehingga bisa menjadi acuan pola makan dan aktivitas fisik yang akan Anda lakukan pada hari itu.

  1. Kurang minum air putih

Sumber: Medical News Today

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air, yang berperan untuk memenuhi cairan tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kurang konsumsi air putih dan menggantinya dengan konsumsi minuman manis dan beralkohol, tentu akan meningkatkan resiko kenaikan berat badan. Untuk itu, tiap orang wajib minum air putih delapan gelas sehari agar fungsi tubuh dapat berjalan secara optimal.

  1. Makan dengan terburu-buru karena kesiangan

Sinyal kenyang ditentukan oleh otak, bukan oleh usus ataupun lambung. Ketika Anda memiliki kebiasaan makan cepat, maka akan membuat berat badan tak kunjung turun. Hal ini disebabkan karena sinyal dari tubuh ke otak mengalami keterlambatan sekitar 20 menit.

Dengan kata lain, Anda akan merasa kenyang yang “nyata” dalam waktu 20 menit setelah Anda makan. Untuk itu, makan seharusnya dikunyah dan ditelan secara perlahan.

Selain itu, dengan kebiasaan makan cepat, semakin banyak pula makanan yang akan Anda konsumsi, karena Anda tak memberikan kesempatan untuk otak memproses “rasa kenyang”, maka lemak dan makanan akan terus menumpuk. Anda jadi mudah lapar dan mengalami kenaikan berat badan.

 

Semoga bermanfaat.

 

photo credit: MD-Health.com

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *