Begitu banyak manfaat olahraga. Namun, bagaimana jika sedang sakit?

Ketika dilanda sakti, sudah pasti tubuh akan terasa tidak enak. Jangankan berolahraga, untuk aktivitas normal seperti biasa saja rasanya sulit.

Jangan memaksakan diri untuk olahraga ketika kurang fit karena bisa menyebabkan efek yang lebih buruk buat badan.

Lantas timbul pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk kembali olahraga setelah pulih dari sakit?

Hal ini tergantung pada sakit yang dialami karena masing-masing penyakit memiliki waktu yang berbeda-beda untuk penyembuhannya.

Menurut profesor dari Universitas Montgomery, Michele Olson, seperti dikutip dari Hellosehat, memulai olahraga pertama setelah sembuh adalah saat Anda dapat memastikan bahwa suhu badan Anda selama 48 jam terakhir sudah normal dan tidak lagi demam.

Jika dalam waktu 48 jam Anda tidak lagi demam, maka diperbolehkan untuk memulai aktivitas fisik secara perlahan.

Tapi ingat, jangan langsung memulai dengan porsi normal seperti sebelum sakit.

Jika sebelum sakit Anda memiliki porsi olahraga 100%, maka mulailah dengan porsi maksimal sebanyak 20-30% pada minggu pertama. Kalau merasa semakin membaik, tingkatkan menjadi 70%.

Untuk dapat melakukan rutinitas olahraga yang sama persis seperti sebelum sakit, tunggulah dua sampai tiga minggu. Namun, hal tersebut tergantung pada sakit apa yang dialami.

Jika sakit ringan seperti demam, flu atau batuk, tunggu satu atau dua minggu. Jika sakit tergolong berat, tunggulah sampai tiga minggu.

One thought on “Kapan Bisa Kembali Olahraga Setelah Sakit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *