Bagi penderita penyakit tertentu, pasti ada beberapa jenis olahraga yang menjadi pantangan, termasuk penderita hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas.

Bagi Anda yang memiliki hipertensi, tak boleh sembarangan melakukan olahraga. Pasalnya, olahraga tertentu malah dapat memperburuk kondisi Anda.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Siska S. Danny, mengatakan penderita hipertensi sebaiknya menjauhi latihan daya tahan tubuh dan kekuatan.

“Yang dilarang itu seperti angkat beban,” kata Siska seperti dikutip dari CNN.

“Khusus hipertensi yang sudah alami komplikasi, harusnya aerobik,” ujar Siska menjelaskan.

Siska mengatakan bahwa olahraga yang paling aman buat para penderita hipertensi adalah jogging, bersepeda, dan berenang. Tak hanya jenis olahraga, durasinya pun tak boleh sembarangan.

“Waktunya minimal 30 menit sehari. Kalau sudah terbiasa bisa tambah jadi 45 menit,” katanya. “Atau 4 kali seminggu. Kalau sudah terbiasa setiap hari lebih baik,” ucap Siska menambahkan.

Selain itu, salah satu olahraga terbaik untuk hipertensi dan yang termudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Anda bisa melakukannya di mana saja dan tidak memerlukan peralatan apapun kecuali sepasang sepatu kets.
Kuncinya adalah untuk memulainya dengan program. Saat pertama mencoba, lalukan berjalan beberapa menit dulu sehari.

Setelah waktu 5 menit itu terasa mudah, tingkatkan menjadi 10 menit. Dan 10 menit yang dilakukan tiga kali sehari akan menambahkan hingga 30 menit yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *