BUGARAGA.COM – Model keren, warna, harga hingga merk merupakan pertimbangan sebelum memilih sepatu untuk Jogging. Tapi ternyata pertimbangan diatas tidaklah cukup untuk memilih sepasang sepatu.

Ada tiga faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sepatu jogging.
1. Stabil. Sepatu harus memiliki keseimbangan dan aman sepanjang pergerakan.
2. Fleksibel. Sepatu harus memberi kenyamanan pada dasar kaki dan memberikan gerakan halus.
3. Nyaman. Sepatu harus terdiri dari kontur dan padding yang sesuai dengan kaki, memberikan pegangan yang nyaman di tumit dan bagian tengah telapak kaki, serta ruang yang cukup di kaki depan.

Tiga faktor diatas tampak sederhana, namun jika tidak dipenuhi, sejumlah resiko kesehatanpun bisa terjadi jika salah dalam memilih sepatu.

Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu jogging baru pastikan juga untuk 4 area ini nyaman. Diantaranya:
– Heelcounter- area sepatu dibawah tendon achilles, tidak boleh terlalu kencang.
– Midsole atau area tapak dan bagian tengah sepatu – idealnya terdiri dari bantalan yang nyaman agar dapat mendukung telapak kaki.
– Insole atau area di dalam sepatu bagian bawah dimana telapak kaki bersentuhan dengan sepatu – harus berkontur nyaman dan dirancang untuk mengurangi pergeseran antara kaki dan sepatu
– Kotak kaki atau seluruh area yang mengelilingi jari kaki – kotak kaki harus menyediakan ruang yang memadai agar jari kaki bisa bergerak bebas.

Selain itu, jangan ragu untuk mengukur ulang besaran kaki. Lakukan pengukuran sambil berdiri dimana posisi kaki mengembang saat menahan berat.

Pengukuran saat berdiri merupakan ukuran yang paling tepat, bukan sekedar nomor kaki yang lazim diingat. Jangan membeli sepatu jogging yang terlalu ketat.

Pemilihan sepatu yang tepat akan berpengaruh langsung dalam berolahraga jogging.

-gie-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *