Olahraga intensitas tinggi memang banyak manfaat. Mulai dari membakar lemak lebih efektif, durasinya singkat, meningkatkan kesehatan jantung, bahkan bisa menurunkan berat badan dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Namun, jangan sembarangan melakukan olahraga intensitas tinggi ini. Olahraga ini sangat berat dan melelahkan. Lalu bagaimana jika sedang puasa? Mungkinkah melakukan latihan ini?

Olahraga intensitas tinggi adalah latihan yang sedang tren dalam dunia kebugaran. Pada latihan ini tubuh dibuat sampai titik benar-benar kelelahan, cukup keras hingga Anda tidak bisa berbicara saat latihan karena akan luar biasa ngos-ngosan.

Meskipun berat, latihan ini dapat membantu membakar lebih banyak kalori dengan waktu latihan yang relatif lebih singkat, dan juga meningkatkan tingkat kebugaran.

Namun, latihan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab latihan ini akan menguras tenaga habis-habisan. Maka itu diperlukan persiapan dengan energi tubuh yang optimal sebelumnya agar tidak membahayakan atau merugikan.

Menurut dr. Javaid Shah, seorang dokter spesialis di Dubai seperti dilansir Hellosehat.com, olahraga sangat penting saat puasa, tapi olahraga intensitas tinggi saat puasa tidak dianjurkan. Apalagi jika dilakukan sebelum berbuka puasa.

Saat sore hari sebelum buka puasa, tubuh memiliki cadangan energi yang semakin menipis akibat puasa seharian penuh. Tubuh cenderung memiliki simpanan gula darah (energi) yang sedikit. Sedangkan, untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi memerlukan energi yang sangat besar.

Jika tubuh dipaksa untuk melakukan olahraga intensitas tinggi saat masih puasa, ini akan membuat kadar gula darah atau energi habis lebih cepat.

Untuk mendapatkan energi kembali ini berasal dari makanan atau minuman berkalori yang Anda konsumsi.

Ketika tubuh Anda tidak cukup makan atau minum saat melakukan aktivitas fisik yang sangat berat maka tubuh bisa mengalami gejala-gejala hipoglikemia (kadar gula darah rendah).*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *