Beberapa orang malas berolahraga karena meyakini bahwa hal tersebut justru membuat mereka sangat lapar sehingga makan terlalu banyak setelahnya.

Faktanya, orang-orang yang tidak aktif bergerak cenderung kurang mampu menekan nafsu makan daripada orang yang aktif berolahraga.

Semakin Anda meningkatkan intensitas olahraga, maka akan semakin mampu menekan nafsu makan. Anda pun menjadi tidak terlalu mengidamkan makan setelah olahraga.

Hal ini terjadi karena kadar peptida dan gula darah menjadi meningkat saat berolahraga. Ini sebabnya nafsu makan Anda menjadi menurun.

Selain itu, hormon ghrelin juga menurun ketika berolahraga. Hormon inilah yang memicu nafsu makan Anda.

Jadi, semakin Anda bugar, semakin sedikit pula Anda merasakan lapar usai berolahraga.

Berolahraga juga bisa memengaruhi cara otak memproses isyarat untuk makan.

Sebuah penelitian dari Brigham Young University melaporkan bahwa wanita yang sering melakukan olahraga di pagi hari merasa kurang tertarik untuk makan setelahnya. Maka, ini dapat disimpulkan bahwa olahraga dapat mengubah saraf dalam tubuh untuk menurunkan motivasi makan pada orang-orang yang berolahraga.

Itulah mengapa banyak orang memilih olahraga untuk menurunkan berat badan. Ternyata benar, olahraga membuat Anda lebih bisa mengontrol nafsu makan dan terhindar dari kalap saat makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *