Sejak kecil, atau bahkan kita sendiri punya teori turun temurun bahwa jangan langsung berenang setelah makan. Mitos atau fakta?

Mitos atau teori alasan ini terdengar sangar masuk akal. Sebab diyakini bahwa setelah makan, sebagian besar darah yang ada di tubuh seseorang akan membanjiri perut untuk membantu pencernaan.

Dengan demikian kekurangan aliran darah dapat menyebab seseorang kaku saat berada di air.

Teori inipun berkembang turun temurun, bahwa setidaknya kita perlu menunggu satu jam sebelum turun ke air, usai menyantap makan besar.

Tapi seberapa besar kebenaran teori aliran darah setelah makan dan hubungannya dengan berenang?. Menurut Centers for Disease Control (CDC) tahun 2005 silam, 2.582 orang menjadi korban tenggelam fatal dimana korban didominasi anak-anak.

Memang benar darah mengalir ke perut kita setelah makan besar. Di dalam perut, makanan menjadi sibuk menyerap nutrisi, menyisakan sedikit yang tersedia untuk mengantarkan oksigen dan membuang produk limbah ke tempat lain di tubuh.

Tapi apakah ini yang menyebab kram?

Yang benar adalah bahwa kita memiliki cukup darah untuk menjaga semua bagian tubuh kita untuk tetap beraktivitas dengan baik setelah makan. Bahkan beberapa perenang kompetitif makan menyantap makanan tanpa rentang waktu tertentu untuk menyuplai tenaga.

Saat berolahraga, tubuh kita menghasilkan adrenalin yang membantu mengantarkan oksigen ke otot yang paling membutuhkannya. Bahkan jika kram menyerang di bagian tertentu tubuhnya, sangat tidak mungkin hal itu menenggelamkan seseorang.

Nasihat untuk menjaga jarak makan dengan berenang tak selamanya salah. Ada perbedaan dalam hal kuantitas dan jenis makanan yang dimakan serta kecepatan pencernaan.

Kelompok karbohidrat lebih cepat diolah di dalam tubuh daripada lemak dan protein. Sah-sah saja jika ingin menyantap hidangan sebelum langsung turun dan berenang. Tapi cobalah memilih makanan ringan seperti keripik kentang ketimbang burger ataupun ayam, jika anda benar-benar ingin langsung berenang.

Jumlah makanan yang disantappun harus diperhatikan. Jangan menyantap makanan dengan porsi besar. Cukup menyantap sedikit saja. Ataupun mengkonsumsi buah jika ingin makan sebelum renang tanpa menunggu interval satu jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *