Akhir-akhir ini cuaca datang tidak menentu, kadang hujan, kadang terik, dan kadang pula berangin. Hal ini membuat semua hal yang dilakukan luar ruangan akan semakin terbatas, termasuk melakukan latihan fisik atau berolahraga.

Meski demikian, jangan biarkan cuaca mengalahkan niatan untuk berolahraga dan tetap sehat. Untuk menyiasatinya, kamu bisa melakukan olahraga di dalam ruangan seperti yang dianjurkan oleh spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto.

“Bilamana cuaca sedang tidak menentu, misalnya hujan ataupun berangin maka dianjurkan yang berangkutan berolahraga di dalam rumah saja, bisa menggunakan treadmill ataupun sepeda statis,” kata dr Michael kepada¬†detikHealth.

Namun, imbuh dr Michael, bila kendalanya adalah ketiadaan peralatan-peralatan tersebut maka yang bersangkutan dapat melakukan olahraga skipping atau lompat tali.

Hal ini akan melatih kemampuan aerobik dan jenis olahraga ini akan baik sekali bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan jantung maupun paru.

Dr Michael melanjutkan, yang harus diperhatikan adalah tidak boleh dilakukan secara berlebihan, apabila lompatan pada lompat tali dilakukan secara berlebihan, ditambah yang bersangkutan tidak mengenakan sepatu tentu akan mengancam kesehatan, yakni mencederai lutut atau engkel.

“Karena itu meskipun berolahraga di dalam rumah yang bersangkutan tetap harus menggunakan peralatan sepatu, kaos kaki sebagaimana kita melakukan olahraga di luar rumah,” tegas dr Michael.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *