Olahraga merupakan hal penting bagi kesehatan. Namun, bagaimana bila pada saat yang sama tubuh Anda kurang tidur?

Pekerjaan yang menumpuk tak jarang menuntut seseorang untuk terus terjaga sampai dini hari.

Buat sekadar informasi, waktu ideal yang dibutuhkan seseorang untuk istirahat dalam semalam adalah tujuh sampai delapan jam.

Lalu, apa jadinya jika seseorang yang habis begadang langsung melakukan olahraga? Apakah akan muncul dampak negatif bagi kesehatan tubuh?

Dilansir dari Doktersehat.com, sebuah penelitian dari University of Warwick menunjukkan bahwa jika berolahraga setelah begadang atau kurang tidur ternyata bisa sangat berbahaya.

Apabila Anda tidur kurang dari enam jam dan tetap berolahraga, maka resiko untuk terkena penyakit jantung atau bahkan kematian mendadak yang berkaitan dengan serangan jantung bisa meningkat hingga 50 persen.

Sebagai tambahan informasi, kurang tidur saja sudah mampu meningkatkan resiko stroke dan kematian yang berkaitan dengan stroke hingga 15 persen.

Menurut pakar kesehatan dari RS Mitra Kemayoran Jakarta, Dokter Andreas Prasadja, tubuh akan lebih banyak mengalami peradangan andai kurang tidur.

Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan berbagai masalah kesehatan kronis macam tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, hingga diabetes.

Setelah bekerja sepanjang malam, sangat disarankan untuk beristirahat terlebih dulu guna merelaksasikan tubuh dan pikiran. Setelahnya, Anda dapat melakukan aktivitas olahraga yang tentu akan lebih maksimal bila dilakukan setelah istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *