Saat pertama kali menjadi anggota sebuah pusat kebugaran atau gym, anda tentu semangat untuk datang. Dalam sepekan, bisa jadi anda latihan sampai berkali-kali.

Beberapa orang pun punya alasan berbeda buat pergi ke gym, entah itu untuk menguruskan badan atau membentuk otot.

Namun, saat sudah melewati sebulan, tiba-tiba ada perasaan bosan. Pernahkah anda mengalami hal ini?

Gym bisa saja membuat Anda jenuh dan enggan berolahraga dalam waktu lama karena beberapa sebab.

Berikut ‘kesalahan’ nge-gym yang bisa membuat semangat olahraga pudar bahkan di bulan-bulan pertama:

Hanya memainkan alat yang itu-itu saja

Nge-gym tidak seperti memainkan alat musik yang Anda bisa, namun mencoba segalanya agar pencapaian berat badan ideal atau pembentukan otot berjalan sukses. Misalnya, Anda hanya menggunakan treadmill atau bench press, mungkin Anda tak akan melihat kemajuan apa pun, sehingga akhirnya merasa gagal dan jenuh.

Pada dasarnya, tubuh akan beradaptasi dengan cepat terhadap gerakan yang rutin kita lakukan. Jadi jika Anda terus-terusan menggunakan alat yang sama dengan tempo yang sama, tubuh akan menghemat energi dengan mudah, pembakaran lemak serta pembentukan otot pun tak akan maksimal.

Jadi temukan cara untuk mengganti latihan Anda secara mingguan, agar efektif, sekaligus menyenangkan dan menantang. Cross-training semacam ini memungkinkan Anda untuk membentuk otot di area yang berbeda dan dapat mencegah hal-hal monoton.

Olahraga hanya di gym

Jika Anda menganggap bahwa olahraga cukup dilakukan hanya di gym dan tak melakukannya di lingkungan lain, dalam 2 bulan saja Anda sudah bisa merasa jenuh dan akhirnya melewatkan banyak sesi berkeringat.

Bila ingin perjalanan kebugaran berlangsung lama, yang dibutuhkan adalah adaptasi, jadi cobalah untuk melakukan latihan ringan di rumah sesekali, bisa berupa yoga atau latihan otot perut sebelum tidur, atau bisa juga berlari santai dengan pasangan atau kerabat di akhir pekan di ruang terbuka.

Dengan begitu, tubuh akan terbiasa untuk berolahraga, merasakan manfaatnya, dan akhirnya Anda akan terus olahraga karena kebugaran telah menjadi kebutuhan hidup sehat.

Terlalu lama di gym

Datang ke gym terus-menerus tanpa menikmati waktu sosial, bisa menjerumuskan Anda dalam rasa frustasi. Walau tak dipungkiri bahwa semangat nge-gym bisa sangat besar di awal, bersikaplah realistis, terapkan juga tujuan secara realistis, maka semua akan baik bagi kesehatan mental Anda juga.

Anda menjadi tidak mudah jenuh, olahragapun berlangsung lama. Jadi, cukup pastikan melakukan latihan paling lama 45 menit-1 jam setiap sesi bagi pemula, antara 3-4 kali seminggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *