Kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinantikan oleh wanita yang sudah berkeluarga. Saat perut sudah “berisi”, tentu kita akan dengan segenap hati menjaganya.

Ada beberapa pantangan selama masa kehamilan. Mulai dari makanan, minuman, sampai jenis olahraga.

Ya, ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan dapat mengganggu kandungan.

Berikut ini olahraga yang tak boleh dilakukan wanita hamil:

1. Basket

Olahraga basket termasuk olahraga yang dilarang karena membutuhkan tenaga besar dan memiliki resiko tabrakan.

Saat berlari di lapangan, maka risiko tabrakan dengan lawan atau teman sendiri bisa menyebabkan seseorang terjatuh dan terluka. Jadi ini sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil.

Olahraga basket yang dilakukan sendirian misalnya hanya memantulkan bola basket saja masih tidak apa-apa asalkan tidak membuat badan terlalu lelah dan tidak berisiko terjatuh. (Baca juga : jatuh saat hamil)

2. Futsal atau sepak bola

Sama seperti basket, futsal dan sepakbola serta olahraga sejenisnya juga tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Seperti yang kita ketahui olahraga futsal dan sepak bola membuat kita menjadi berisiko untuk terjatuh dan bertabrakan dengan lawan.

Tak jarang kita melihat banyak pemain sepak bola profesional yang harus cedera parah karena bermain sepak bola dan tabrakan atau terjatuh saat berlari. Jika itu dialami oleh ibu hamil tentu akan sangat membahayakan kandungannya.

3. Gym

Olahraga di gym yang menggunakan peralatan gym juga sebaiknya dihindari oleh wanita hamil. Sebab, dapat menimbulkan resiko cedera yang cukup besar.
Olahraga dengan peralatan elektronik juga berisiko apalagi jika sedang hamil jadi sebaiknya menghindari olahraga gym tersebut, baik yang menggunakan peralatan atau yang tangan kosong karena masih dapat berisiko cedera.

4. Menyelam

Kegiatan menyelam di dalam laut juga menjadi olahraga yang dilarang bagi wanita hamil.

Menyelam biasanya menggunakan tabung oksigen dan kegiatan tersebut membutuhkan tubuh yang prima. Ibu hamil akan kesulitan melakukan kegiatan menyelam apalagi dengan perut yang membuncit. Jika dipaksakan lalu terjadi sesuatu di dalam air, tentu itu akan membahayakan nyawa si ibu berikut dengan janinnya.

Tekanan kuat saat berada di dalam air bisa berakibat tidak baik bagi kandungan. Adanya gas yang berubah menjadi gelembung udara dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan nyeri, ruam, kelumpuhan, dan lain-lain.

5. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang tidak disarankan apalagi bagi yang tidak sering bersepeda sebelumnya. Ada beberapa resiko yang bisa diderita saat melakukan olahraga sepeda, seperti kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh atau kelelahan karena bersepeda.

Ibu hamil membawa janin di dalam pertunya sehingga harus berhati-hati agar tidak terjatuh atau kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *