Berlari bukan hanya bisa dilakukan di jalanan, tetapi juga pantai. Kegiatan yang satu ini dijamin mengasyikkan.

Liburan ke pantai tentu akan lebih menyenangkan bila bisa menyempatkan diri berlari ditemani suara ombak. Lari di pantai juga dapat membuatmu menjadi pelari yang lebih baik.

Kendait mengasyikkan, berlari di pasir lebih sulit dibanding di aspal. Dibutuhkan lebih banyak kekuatan dan daya tahan.

Tertarik untuk mencoba berlari di pantai? Berikut tipsnya:

Mulai Di Pasir Basah
Jika kamu belum pernah berlari di pantai, mulailah dengan berlari di pasir basah yang padat. Ini akan lebih mudah dibanding permukaan pasir kering. Coba latihan interval dengan berlari 2 atau 3 menit di pasir kering bergantian dengan beberapa menit lebih lama di pasir basah.

Pilih Dataran Rata
Hindari berlari di pantai dengan permukaan pasir yang miring karena dapat menyebabkan cidera lutut dan pergelangan kaki.

Santai
Karena berlari di pantai lebih sulit dibanding lari di jalanan atau treadmill, jangan memaksakan diri untuk berlari dengan kecepatan normal. Turunkan kecepatan dan nikmati pemandangan.

Hidrasi
Untuk mencegah dehidrasi atau masalah lain yang berkaitan dengan suhu panas, pastikan kamu menjaga asupan cairan. Bawa botol minum atau uang receh untuk membeli minum di sepanjang rute.

Lindungi Kulit
Berlari di pantai akan memaparkan kulitmu secara langsung pada matahari. Lindungi kulit dengan memakai tabir surya dengan minimal tingkat SPF 15.

Hindari berlari ketika matahari sudah mulai terasa terik.

Pelajari Lari Barefoot Perlahan-lahan
Lari barefoot atau minimalis adalah cara bagus untuk meningkatkan kekuatan kaki. Tapi karena kita telah terbiasa berlari dengan memakai sepatu, kekuatan kaki jauh lebih rendah dari yang seharusnya.

Jika kamu belum terbiasa berlari dengan sepatu minimalis, atau bahkan tanpa alas kaki sama sekali, belajar perlahan-lahan. Mulailah dengan berlari 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah cedera. Dan berhati-hati dengan pecahan kaca atau karang di pasir yang kamu lalui.

Investasi Sepatu Khusus
Walaupun tidak ada jenis sepatu yang secara spesifik dirancang untuk lari di pantai, namun kamu dapat menyediakan 1 pasang sepatu khusus untuk berlari di pasir.

Hal tersebut untuk mencegah repotnya membersihkan pasir dari sela-sela sepatu setiap kali kamu selesai berlari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *