Tidak sedikit orang yang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga sehingga mengalami gangguan tidur pada malam hari.

Lari pagi mungkin bisa menjadi solusi sederhana tetapi ampuh untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Berikut dua manfaat lari pagi seperti dilansir Alodokter.com:

Mudah Dijadikan Rutinitas Harian

Untuk seseorang yang mengalami kesulitan menjadikan olahraga sebagai rutinitas, maka olahraga pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pagi hari juga sangat menguntungkan, karena belum terganggu oleh kesibukan sehari-hari.

Lari pagi sebagai aktivitas fisik, sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan manfaat lari pagi, upayakan berolahraga setidaknya 3 kali seminggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit. Namun, bagi pemula dapat mulai berolahraga sekitar 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan secara bertahap.

Selain lari pagi, olahraga yang disarankan dilakukan pada awal hari antara lain bersepeda, berenang, yoga, atau angkat beban.

Meringankan Gangguan Tidur

Olahraga pagi, termasuk lari pagi, dapat meningkatkan kualitas tidur. Menurut penelitian, hal ini merupakan faktor penting dalam menurunkan berat badan.

Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu mengendalikan nafsu makan.

Sebuah studi mengungkap bahwa wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang berolahraga pagi sekitar 60 menit per minggu, dapat tidur lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak berolahraga pagi.

Sebaliknya, olahraga pada sore hari justru dapat membuat tidur semakin sulit.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *