Bersepeda saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap individu. Bukan hanya kegiatan yang bisa memberikan efek kebugaran fisik, bersepeda juga memiliki banyak manfaat dalam sisi psikologis.

Mari simak dampak positif olahraga bersepeda yang bisa kamu dapatkan apabila kamu mengendarai sepeda secara rutin berikut ini seperti dikutip blog bukalapak!

Hemat

Ketika bersepeda, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin atau membayar parkir. Jika kamu ingin pergi ke tempat yang dekat dari rumah atau bahkan pergi bekerja, bersepeda adalah pilihan tepat agar kamu bisa menghemat ongkos. Apabila dilakukan secara rutin maka kamu akan dapat melihat manfaat bersepeda secara finansial.

Bakar kalori

Untuk yang memiliki kelebihan berat badan, bersepeda selama 35 sampai 40 km/jam dapat membakar kalori hingga 850 kalori. Lemak-lemak di perut, paha dan lengan secara otomatis akan terbakar dan membuat bobot tubuhmu lebih ringan.

Bentuk otot

Mengayuh sepeda setiap hari tentu membuat otot betismu menjadi kencang. Tak hanya itu, lenganmu juga menjadi kuat dan kencang sehingga tak ada lagi yang namanya lengan bergelambir.

Atasi nyeri sendi

Ternyata bersepeda dapat mengatasi nyeri sendi, lho. Sebab, ketika kamu melakukan gerakan mengayuh atau menggerakkan lengan secara berulang, maka sendi-sendi di lutut, pergelangan kaki atau bahkan di tanganmu akan diregangkan. Dengan begitu maka sendi pada tubuhmu akan lebih rileks.

Cegah cedera

Dibandingkan berlari atau jogging yang menumpukan beban pada lutut hingga rentan cedera, bersepeda justru akan membuat tubuhmu terbebas dari cedera. Sebab, ototmu dilatih secara keseluruhan dan beban tubuh ditopang dengan baik oleh dudukan sepeda. Hal ini akan membuat tubuhmu lebih bugar ketika melakukan aktivitas.

Latih jantung dan pernapasan

Bersepeda secara rutin akan membantu jantung bekerja secara efisien. Latihan kardiovaskular dengan bersepeda sangat baik pula untuk pernapasan. Kondisi fisikmu juga akan lebih baik ketika beraktivitas jika kondisi jantung dan pernapasan prima.

Hilangkan stres

Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat mengatasi stres. Ketika kamu bersepeda, kamu bisa melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota, melihat pemandangan baru, terbebas dari macet, dapat menghemat uang dan waktu, serta bercengkerama dengan sesama pencinta kegiatan bersepeda.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *