Olahraga memang menyehatkan. Namun, jika dilakukan dalam keadaan perut kosong, efeknya justru berbahaya.

Banyak sekali orang yang melakukan olahraga dengan maksud dan tujuan tertentu tetapi melakukannya dengan cara yang salah.

Hal ini terjadi karena ketidaktahuan dari yang orang bersangkutan atau bahkan yang bersangkutan tahu tapi mendapat informasi yang salah.

Salah satu hal yang sering menjadi kesalahan adalah olahraga dengan kondisi perut kosong. Tanpa disadari ada bahaya olahraga dengan perut kosong.

Beberapa dampak buruk olahraga dengan perut kosong antara lain:

Pingsan

Hal ini sangat bisa terjadi karena ketika perut kosong maka kadar gula pun menjadi rendah. Gula dalam tubuh merupakan bahan bakar yang bisa menimbulkan energi bagi tubuh kita.

Memaksakan olahraga dengan kondisi kadar gula yang rendah atau dengan kata lain tanpa bahan bakar. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan berakibat pingsan.

Massa otot hilang

Sebagai pengganti gula atau karbohidrat sebagai bahan bakar dalam tubuh, maka digunakanlah massa otot bahan bakar dalam proses pemecah lemak.

Kram

Hal ini mungkin terjadi akibat tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik.

Ketosis

Secara normal, tubuh manusia akan mengolah karbohidrat sebagai sumber tenaga. Namun, dalam kondisi perut kosong dan ketidaktersediaan karbohidrat maka tubuh akan menggunakan lemak dan cadangan makanan yang ada sebagai sumber tenaga.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *