Renang menjadi salah satu olahraga favorit untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan tapi tetap bisa merasakan segarnya air.

Namun tidak serta merta satu atau dua kali renang, berat badan langsung turun. Untuk mereka yang baru akan memulai renang, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya lebih efektif.

Dilansir dari swimtoslim.com, ada sejumlah persiapan hingga metode yang perlu dipersiapkan. Langkah pertama, siapkan baju renang hingga alat tambahan seperti kickboard dan stopwatch.

Bagi sesi latihan dalam 5 tahapan, yakni level 1=mudah, level 2=rata-rata, level 3=agak sulit, level 4=sulit, dan level 5=maksimum. Agar lebih efektif lagi, jarak yang ditempuh minimal 400 meter. Jumlah ini bisa ditambah jika sudah bisa mengatur nafas dan kecepatan.

Berikut adalah langkah-langkah yang untuk para pemula yang ingin menghilangkan berat badan dengan berenang.

1. Mulailah dengan pemanasan. Setelahnya mulai berenang (untuk gaya bisa disesuaikan dengan kemampuan). Pada tahap ini jarak tempuh yang harus diselesaikan adalah 2×50 meter.

2. Setelah tahap pertama selesai, beristirahatlah 1 menit saja. Lalu berenanglah kembali dengan menyelesaikan jarak 4×100 meter. Pililah gaya bebas atau gaya dada. Anda juga bisa menggunakan kickboard. Setiap 100 meter yang diselesaikan, istirahatlah selama 30 detik saja.

3. Tahap ke-3 tambah frekuensi menjadi 6×100 meter dengan gaya yang sama pada tahap kedua. Kali ini istirahat hanya dilakukan 15 detik per-interval.

4. Tahap ke-4 kembali lakukan seperti tahap kedua (4×100 meter). Tapi kali ini, pastikan tanpa jeda istirahat.

Yang harus diingat sebelum memulai program ini adalah konsultasikan kondisi kesehatan anda lebih dulu ke dokter. Latihan renang dengan metode seperti diatas membutuhkan stamina tinggi dan tentu saja kondisi badan yang prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *