Sepatu adalah komponen penting dalam olahraga. Fungsinya jelas, yakni untuk mempermudah gerakan dan menghindarkan kaki dari cedera.

Setiap cabang olahraga memiliki jenis-jenis alas kaki berbeda, demikian pula dengan bersepeda.

Sepatu yang digunakan oleh pesepeda pun beragam, tergantung apakah Anda seorang pesepeda aktif atau pasif.

Dikutip dari Fitness For Men, berikut ini tips memilih sepatu untuk pesepea sesuai dengan kategorinya.

Pesepeda aktif

Para pesepeda aktif tentu membutuhkan sepatu khusus karena menggowes selama berjam-jam. Anda perlu sepatu dengan performa terbaik dan terdapat grip yang sangat baik terhadap pedal.

Grip yang jelek dapat membuat Anda cedera.

Jenis sepatu khusus sepeda umumnya memiliki klip untuk menjaga telapak kaki agar tetap berada di pedal. Jenis sepatu ini cocok untuk road bike.

Pesepeda kasual

Jika bersepeda hanya untuk rekreasi dan tujuan transportasi saja, Anda tidak perlu membeli sepatu khusus sepeda. Anda cukup memakai sepatu tenis atau lari yang bagus.

Namun, sepatu yang dikenakan tetap harus membuat kaki Anda mencengkram pedal dengan baik.

Satu hal yang penting adalah sepatunya harus memiliki sol keras. Sebab, sol keras dapat menyalurkan tenaga dan energi dari gerakan kaki ke pedal dengan baik.

Sepatu road bike

Untuk pembalap sepeda, mengenakan sepatu khusus road riding sangat dianjurkan sehingga Anda bisa mengayuh dengan nyaman pada trek dengan permukaan keras.

Sepatu jenis ini memiliki bagian atas dari nilon dengan sol kaku. Untuk kayuhan yang lebih halus, ada juga jenis sepatu dengan sol serat karbon.

Keunggulan lain dari sepatu road bike adalah Anda juga bisa mengaturnya ketika bersepeda di aspal untuk membantu kayuhan.

Sepatu off-road bike

Jika Anda bersepeda di permukaan seperti rumput atau tanah, jenis sepatu off-road tanpa klip adalah pilihan tepat.

Tipe sepatu ini cocok untuk pesepeda MTB karena memudahkan penggunanya untuk menurunkan kaki dari sepeda, mendorong sepeda, atau memanggulnya menaiki bukit curam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *