Sepatu lari adalah bagian tak terpisahkan bagi pelari. Menemani kita latihan dan lomba, kesayangan kita itu terpapar oleh banyak hal yang berpotensi membuatnya kotor, mulai dari keringat, cuaca, dan kondisi lingkungan dimana kita berlari, sebut saja tanah liat track, genangan air, hingga lumpur.

Time to give back. Semua kotoran tersebut berpotensi membuat sepatu lebih cepat aus dari seharusnya. Menyisihkan waktu untuk membersihkan sepatu lari tidak saja membuat penampilannya lebih baik namun juga membantu membuatnya lebih awet.

Dikutip dari www.asics.com, berikut saran pembersihan sepatu lari:

1. Segera hilangkan kotoran.

Begitu Anda selesai memakai sepatu, misalnya untuk lari lintas alam, segera bersihkan sepatu dari lumpur atau pasir yang menempel sebelum keburu mengeras.

Gunakan sikat gigi bekas, air hangat, dan sabun yang lembut. Saat mengelapnya, gunakan kain yang basah atau lembab.

2. Pisahkan bagian insole-nya.

Bila memungkinkan, lepaskan bagian sockliner atau insole-nya dan cuci terpisah. Ini membantu membuat bagian dalam sepatu lebih bersih dan segar. Lepaskan juga tali sepatunya dan cuci terpisah.

3. Keringkan secara alami. 

Jangan jemur sepatu lari di bawah sinar matahari langsung. Hal ini akan mengubah bentuk sepatu. Sebaliknya, buka lidah sepatu dan masukkan kitchen paper atau koran bekas.

Kertas akan menyerap kelembapan di dalam sepatu. Umumnya butuh waktu 12 jam hingga sepatu mengering secara alami.    

Agar lebih optimal, ikuti beberapa tips tambahan ini:

1. Pilih produk pembersih yang tepat.

Seperti halnya pembersih suede untuk sepatu suede, bila ingin membeli produk pembersih khusus, pastikan terbuat dari bahan silikon untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada sepatu Anda.

2. Gunakan spray khusus sepatu. 

Bau sepatu memang tak enak. Untuk menghilangkan dan mencegah bau, boleh gunakan spray khusus sepatu.

3. Hindari mencuci di mesin cuci.

Secara umum, membersihkan sepatu dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci tidak disarankan karena ada materi di dalam sepatu yang tidak boleh terpapar panas dan tidak boleh direndam di dalam air.

Meski demikian, ikuti petunjuk pembersihan yang ada pada sepatu. Beberapa jenis sepatu memungkinkan pencucian dengan mesin cuci. 

Bila Anda sering berlari, tak ada salahnya memiliki lebih dari satu pasang sepatu lari. Dengan demikian Anda bisa beralih mengenakan sepatu yang lain sembari menunggu sepatu yang sedang dibersihkan mengering.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *