Kebun binatang Ragunan adalah salah satu ikon pariwisata di Jakarta dan juga Indonesia. Satu-satunya kebun binatang di kawasan Jakarta yang sering menjadi alternatif rekreasi yang murah meriah.

Suasananya yang bersih dan sejuk, serta area yang luas dengan jalanan yang terawat rapi membuat kebun binatang Ragunan ini juga menjadi salah pilihan lokasi bagi masyarakat untuk beolahraga. Lari adalah salah satu olahraga favorit di lokasi ini.

Ragunan: lokasi menarik untuk berlari di pagi hari

Pada hari Sabtu pagi dengan mudahnya kita akan menemukan banyak pelari yang beraktivitas di kebun binatang Ragunan, baik secara perorangan maupun secara berkelompok. Salah satu komunitas pelari yang memiliki jadwal rutin di Sabtu pagi adalah Jakarta Rustaman Runner (JRR), komunitas lari dibawah bimbingan kuch Rustaman.

Udara pagi yang sejuk, dengan jalanan mulus yang dikelilingi pepohonan serta kontur jalanan yang naik turun menjadi daya tarik tersendiri.

Biaya yang harus disiapkan

Biaya masuk ke Ragunan sangatlah murah. Saat masuk dari gerbang utama, kita akan dikenakan biaya masuk (parkir) kendaraan. Cukup mengeluarkan biaya Rp 6.000 untuk mobil, Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 1.000 untuk sepeda, kita sudah bisa parkir seharian di kawasan ini.

Untuk tiket masuk orang, biayanya cuma Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Semua transaksi dilakukan dengan mudah karena sudah menggunakan uang elektronik Bank DKI. Jangan kuatir, kartu Bank DKI ini bisa diperoleh di gerbang masuk kendaraan.

Rute umum berlari di Ragunan

Satu kali keliling kebun binatang Ragunan berjarak 5 km, jarak tempuh yang cukup untuk berlatih lari. Dengan beberapa variasi rute, jarak tempuh ini bisa bertambah sampai sekitar 7 km setiap kelilingnya. Berikut rekomendasi rute lari dari kami untuk jarak 5 km.

Titik awal

Ada beberapa pintu masuk ke dalam kawasan kebun binatang Ragunan, tapi sebaiknya masuk melalui pintu utama (Pintu Utara II, di samping terminal Transjakarta Ragunan), dan berkumpul memulai pemanasan di sisi kanan pintu tersebut. Komunitas JRR selalu menggunakan lokasi halte pertama di sisi ini untuk melakukan pemanasan (sekitar 50 m dari pintu masuk).

Bersama kuch Rustaman dan JRR di titik awal rute Ragunan

Komunitas lain seperti beberapa kelompok ekspatriat juga menggunakan halte lain di sisi ini sebagai tempat pertemuan awal aktivitas olahraga mereka.

Tempat pemanasan ini sangat strategis karena terletak berdekatan dengan pintu masuk dan area parkir, serta juga banyak dinaungi oleh pohon-pohon rindang. Selain itu, arus pengunjung umumnya bergerak ke arah kiri setelah pintu sehingga tidak mengganggu aktifitas pemanasan.

Kilometer 1

Mulailah dengan berlari ke arah Jl Hutan Wisata, yang merupakan hutan kecil di sisi kanan pintu masuk Utara II. Rute ini sangat sejuk karena dipayungi oleh pepohonan yang lebat.

Jl Hutan Wisata

Susuri jalur ini sampai berujung di Jl Taman Kemenyan dimana bisa ditemui area penjual makanan dan cendera mata di pinggir jalan. Alternatif lain, bisa mengambil jalur pintas dari Hutan Wisata yang langsung menembus area belakang kandang Zebra.

Setelah itu, susuri Jalan Jerapah dan Jalan Zebra, yang terletak tepat di samping kandang jerapah dan zebra. Jalur yang sedikit menantang karena memiliki turunan dan tanjakan yang cukup terjal dan terkadang licin sehabis hujan.

Jl Kemenyan (kiri) dan Jl Jerapah
Jl Kemenyan (kiri) dan Jl Jerapah (kanan)

Kilometer 2

Setelah memutari kandang jerapah dan zebra, kita akan tiba di Jl Elang Bondol. Ambil rute menuju Jl Hutan Bambu yang akan berujung dan berbelok di Jalan RS Hewan. Jalur ini merupakan jalur lurus menuju sisi belakang kebun binatang Ragunan.

Jl Hutan Bambu (kiri) dan Jl RS Hewan (kanan)

Kontur jalan lurus dan rata, namun tidak serimbun jalur di KM 1. Kita bisa menambah jarak dengan mengambil arah sedikit memutar ke sisi pintu masuk samping.

Kilometer 3

Jalur yang banyak disukai pelari karena melewati area dengan banyak danau. Yes, jalur yang ditempuh akan melalui Jl Danau, dimana kita akan berlari melewati beberapa danau di kiri dan kanan jalan.

Sempatkan diri untuk berbelok di danau terbesar di sisi kanan jalan. Danau ini dikelilingi oleh jalanan kecil yang cukup untuk berlari dan bersepeda. Suasana air yang tenang akan menambah kenikmatan dalam berlari pagi.

Setelah menyusuri danau, kembali susuri jalur utama di Jl Danau. Perlu diperhatikan, kontur jalur ini sedikit mendaki. Tercatat ada 2 jalur menanjak yang harus kita hadapi sepanjang jalan ini, dan akhirnya menurun di Jl Harimau Bengala. Tapi tenang saja, dengan kualitas paving block yang sudah diperbaiki, tidak akan menyulitkan untuk ditempuh.

Di KM 3 ini juga kita memiliki pilihan untuk mengambil rute yang lebih memutar, melewati jalanan kecil di luar area danau. Biasanya para pelari yang melakukan long run mengambil jalur ini.

Kilometer 4

Setelah sampai ke jalur utama kebun binatang Ragunan (Jl Taman Margasatwa Timur), berbelok lah ke kanan, tepat sebelum tanjakan tinggi menuju pusat primata Schmutzer. Masuklah ke jalur bernama Jalan Buaya.

Jl Buaya, dengan pemandangan seekor buaya sedang berendam di kanan jalan

Nama “buaya” bukan kebetulan digunakan sebagai nama jalan, karena jalur berlari akan menyusuri kandang buaya dan kuda nil. Kita bisa berlari sambil melihat buaya dan kuda nil yang sedang berendam atau berjemur di pinggir kolam.

Jalur ini adalah jalur favorit banyak pelari, karena selain ada danau-danau kecil di sisi kanan jalan, ada juga sungai kecil dengan aliran air jernih di sisi kiri. Ditambah lagi dengan kontur yang rata dan dipayungi oleh pohon-pohon rindang.

Cobalah lewati jalur ini saat matahari baru mulai muncul. Pemandangan akan bertambah indah dengan sinar matahari pagi yang membelah pepohonan bambu di sekitar danau dan kandang buaya.

Namun, di ujung jalan ini kita harus berbalik menuju area tengah lagi melalui sebuah tanjakan yang lumayan curam dan panjang. Walaupun demikian, banyak pelari yang justru memanfaatkan tanjakan ini untuk berlatih interval. Tenang saja, di ujung tanjakan ada pusat makanan dan jajanan yang bisa menjadi tempat beristirahat sejenak.

Setelah tanjakan ini, teruskan rute lari melalui depan kandang burung dan kandang orangutan, dengan kontur jalan yang sedikit menanjak dan menurun.

Susuri jalur ini sampai berbelok di Jl Benyamin Galstaun.

Kilometer 5

Jalur ini meliputi Jl Benyamin Galstaun dan Jl Taman Margasatwa Utara. Kita akan melewati beberapa kandang binatang di kiri kanan jalan, dan terkadang berpapasan dengan delman yang mengangkut pengunjung.

Maklum saja, jalur ini adalah jalur kunjungan utama di kebun binatang Ragunan sehingga relatif lebih ramai dari jalur sebelumnya. Jalur ini akan semakin ramai saat memasuki area kolam burung pelikan, yang terletak di sisi depan dan bertemakan taman yang asri, sehingga sering menjadi area istirahat dan berfoto para pengunjung.

Area depan kandang pelikan (kiri); jalur menuju Pintu Utara II (pintu utama)

Titik finish dari rute Ragunan ini adahal titik start awal yang berjarak kurang lebih 200 meter dari kandang pelikan. Karena melewati pintu utama lagi (Pintu Utara II), kita akan berpapasan dengan banyak pengunjung yang baru mulai masuk.

Lakukan pendingan di titik awal, atau ulangi lagi rute yang tadi jika ingin melakukan long run.

Berolahraga sambil berwisata

Kita bisa juga mengajak keluarga atau anak untuk ikut berolahraga bersama di dalam Ragunan. Misalnya, ajak anak untuk ikut bersepeda menemani kita berlari. Banyak pemandangan dan binatang yang bisa dilihat dan dipelajari selama perjalanan, tergantung dari pemilihan jalur lari kita.

Jalur lari bisa dipilih untuk melewati tengah kandang burung, atau menyusuri kandang gajah dan kandang macan, belajar tentang binatang di pusat hewan primata, hewan air serta reptil, atau bisa sekedar bersepeda menyusuri pinggiran danau sambil menikmati pemandangan pagi.

Kebun binantang Ragunan juga memiliki pusat permainan anak di area bundaran pusat primata Schmutzer yang bisa menjadi alternatif keluarga untuk beraktivitas sambil menunggu kita berolahraga. Atau bisa juga menunggu sambil menumpang kendaraan wisata untuk berkeliling kebun binatang yang indah ini.