Bugaraga – Salah satu olahraga yang melibatkan seluruh otot tubuh adalah berenang. Percaya atau tidak tapi berenang sangat bermanfaat bagi tubuh kita lho. Jika kamu masih ragu dengan olahraga ini, saya akan memberi tahu beberapa gangguan kesehatan, dimana olahraga renang cocok digunakan sebagai penanganannya. Mau tahu?

  1. Latihan renang cocok dilakukan oleh penderita osteoarthritis

Osteoarthritis menggambarkan adanya peradangan pada sendi. Olahraga renang cocok dilakukan bagi penderita osteoarthritis karena tidak terlalu berat dan tidak membebani sendinya.

Olahraga renang dianggap sebagai penanganan selain obat yang paling efektif untuk mengurangi rasa nyeri, tapi pasien osteoarthritis harus menyeimbangkan antara olahraga dengan istirahat, karena terlalu banyak beraktivitas dapat menambah rasa nyeri dan jika terlalu sedikit bergerak dapat membuat sendi menjadi kaku.

Tapi kembali lagi ke kondisi masing-masing pasien yang bisa disesuaikan dengan kemampuan serta mengkonsultasikan kepada dokter, karena penderita osteoarthritis yang tidak bisa berenang tidak mungkin dipaksakan untuk berenang, bukan?

  1. Berenang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah

Penderita penyakit jantung tetap disarankan untuk berolahraga agar tubuhnya tetap sehat. Penderita penyakit ini tidak diperbolehkan untuk latihan berat atau latihan yang bisa memacu jantung secara cepat.

Salah satu olaharaga yang cocok untuk penderita penyakit jantung adalah renang. Olahraga renang bisa bermanfaat untuk melatih kekuatan jantung. Olahraga ini bisa melancarkan sirkulasi jantung ketika memompa darah dan mengirimkannya keseluruh tubuh.

Oiya jangan lupa, untuk latihan renang bagi penderita penyakit jantung tentunya harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu agar bisa meminimalkan resiko kondisi penyakitnya itu.

  1. Berenang untuk menghilangkan stress

Ketika kamu sedang mengalami stress, biasanya akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari yang bisa menyebabkan produktivitasmu menjadi turun atau yang paling parah bisa menyebabkan gangguan mental. Jika kamu sedang mencari cara untuk menghilangkan stress ini, kamu bisa mencoba untuk berolahraga.

Salah satu olahraga yang dapat mengurangi stress adalah berenang, dengan mengapung di air akan membuat beban tubuhmu menjadi ringan dan risiko cedera juga lebih rendah. Berada di air terkadang dipercaya dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan damai.

  1. Berenang bisa menurunkan tekanan darah

Ketika melakukan olahraga renang, tekanan darah dapat meningkat untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat selama aktivitas otot terjadi. Karena efek rutin olahraga ini, tekanan darah dapat turun dalam artian yang menyehatkan.

Sama halnya dalam penelitian  American Journal of Cardiology. 43 orang dewasa dalam rentang usia 60 tahun menjadi relawan sebuah penelitian.

Mereka diminta untuk berenang beberapa kali dalam seminggu dan dalam perhitungan rata-rata, takanan darah dari 131mm Hg berkurang menjadi 122 mm Hg dalam waktu tiga bulan. Walaupun dalam penelitian ini relawan yang diteliti berusia 60 tahun, namun manfaat berenang dapat dinikmati oleh semua usia kan.

Demikianlah, manfaat renang untuk mengurangi sakit dari gangguan kesehatan diatas. Memang jika kamu menginginkan tubuh yang sehat diperlukan olahraga rutin agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga, namun jangan terlalu memforsirnya karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.

Sehat selalu ya!

Anisa Febriandany
A writer who's trying to lead a healthy life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *