Berenang memang olahraga mengasyikkan. Apalagi, jika dilakukan ketika matahari terik.

Selain menghadirkan efek segar, renang juga dikenal memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Salah satu contohnya, bisa memperlancar pernapasan.

Namun, terlalu sering melakukan renang ternyata juga punya dampak buruk bagi kesehatan. Seperti apa itu?

Seperti dikutip dari Royal Pool, beberapa ahli kesehatan memiliki kesamaan penelitian bahwa terlalu sering renang bisa mengakibatkan kerugian kesehatan, salah satunya kelelahan kronis.

Kelelahan kronis umumnya diderita oleh para atlet renang yang selalu berada di bawah target. Hidup mereka jadi kurang bersemangat karena sistim biologisnya mengalami keletihan kronis.

Efek negatif lainnya adalah bad mood. Aktivitas renang yang terlalu berlebihan bakal berakibat mood menjadi buruk.

Sebaliknya, jika dilakukan secara teratur dan di bawah ambang batas normal, maka efeknya justru makin bagus, yaitu menciptakan good mood.

Beberapa penelitian juga sependapat bahwa terlalu sering beraktivitas renang bisa menimbulkan pegal pegal dan nyeri otot. Ini sangat alami, karena pada dasarnya tubuh kita di desain untuk seimbang sehingga jika terlalu letih maka ada beberapa organ tubuh yang akan terganggu.

Satu hal lagi, orang yang terlalu seringrenang cenderung merasakan gejala imsonmia atau sulit tidur. Ini menunjukkan betapa tingkat kelelahan perenang sudah sangat menghawatirkan.

Susah tidur terjadi karena tubuh mengalami gangguan keseimbangan sehingga perlu waktu untuk menormalkan kembali agar bisa lebih nyeyak tidur.

Sebenarnya masih banyak efek buruk lainnya yang diakibatkan karena kelebihan melakukan aktivitas renang. Oleh karena itu, mari kita seimbang dalam segala hal termasuk porsi untuk berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *