Indonesia sudah memasuki musim hujan. Bagi Anda penggila olahraga, kondisi ini tentu tak menjadi penghalang buat melakukan aktivitas fisik.

Renang menjadi salah satu pilihan olahraga yang mengasyikkan. Selain sehat, membuat tubuh segar pula.

Namun, pertanyaannya, apakah kita boleh berenang saat hujan?

Meskipun hujan memiliki banyak manfaat bagi ekosistem, tetap saja ada akibat buruk untuk manusia. Orang yang memiliki sistem imun yang lemah atau terlalu lama terpapar hujan dapat terkena berbagai dampak buruk.

Ketika sedang berenang, hujan seringkali menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Banyak orang yang mengacuhkan hujan tersebut dan tetap melanjutkan aktivitas tersebut.

Sebenarnya berenang di saat hujan dapat mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan anda. Apa sajakah itu?

Membawa zat kimia berbahaya

Air hujan seringkali membawa zat kimia yang berasal dari gas pabrik maupun asap mobil yang kemudian diturunkan melalui hujan. Ketika anda berenang dan terjadi hujan, campuran kaporit kolam renang dengan zat kimia pencemaran dapat mengancam kesehatan anda dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Perbedaan suhu

Berenang akan menurunkan suhu tubuh anda secara drastis. Suhu tubuh manusia pada umumnya berkisar 35-37 derajat celcius.

Ketika berenang suhu tubuh anda akan menurun drastic hingga mencapai 30-33 derajat celcius. Dalam kondisi hujan, suhu tubuh anda akan menurun lagi hingga mencapai 27-29 derajat celcius dimana pada kondisi ini dapat membahayakan tubuh manusia.

Gas beracun

Hujan, khususnya gerimis, akan membawa gas beracun berupa polusi udara dari atmosfer yang dapat mencemari air kolam renang.

Pergantian musim

Pada pergantian musim, terutama dari kemarau ke musim hujan, kekuatan imun manusia akan berkurang. Jadi jika anda berenang ketika hujan, perbedaan suhu tubuh, kurangnya sistem imun dan zat berbahaya yang dikandung hujan akan membahayakan kesehatan anda.

Flu

Merupakan dampak paling umum yang terjadi jika anda berenang ketika hujan. Gejala awalnya adalah anda akan menggigil, merasa pusing, tidak enak badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *