Kompetisi triathlon kelas dunia bertajuk Kona Ironman World Championship 2017 telah berakhir dengan Patrick Lange keluar sebagai juara.

Adu hebat antara atlet triathlon sedunia berlangsung di Kailua-Kona, Hawaii, Sabtu (14/10/2017).

Lange menjadi yang terbaik setelah menyelesaikan tantangan berenang, bersepeda, serta berlari dalam waktu 8 jam, 1 menit, dan 40 detik.

Pria asal Jerman itu memecahkan rekor yang pernah dibuat Craig Alexander pada 2011 (8 jam, tiga detik, dan 56 detik).

Sementara itu, Inge Prasetyo yang menjadi wanita pertama Indonesia di Ironman Championship, menyelesaikan lomba dalam tempo 13 jam, 18 menit, dan 17 detik.

“Ini adalah medali tersulit yang pernah saya dapatkan. Ada banyak rasa sakit, frustrasi, marah, air mata, dan kesabaran di baliknya,” ucap Inge dalam kutipan di Instagram Ironman World Championshhip.

Sebagai informasi, turnamen Ironman adalah ajang triathlon bergengsi dimana pesertanya harus berenang sejauh 3.8 km, dilanjutkan dengan bersepeda 180 km dan diakhiri dengan berlari 42.2 km. Para pemenang di setiap turnamen Ironman di seluruh dunia dibagi berdasarkan kelompok umur.

Para juara di masing-masing kelompok umur di turnamen Ironman di seluruh dunia setiap tahunnya akan diadu lagi dalam turnamen tahunan Ironman tingkat dunia: Kona Ironman World Championsip.

Inge adalah orang Indonesia pertama yang berhasil lolos ke Kona, lewat keberhasilannya menjadi juara 1 (kelompok umur 35-39 tahun) dalam turnamen Ironman di Penghu, Taiwan pada 2 Oktober 2016 lalu. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *