Kenyataan saat mulai menekuni hobi lari: harus bangun pagi, menodong dompet untuk membeli sepatu lari, dan tentu saja bikin lelah. Apalagi jika mengikuti acara lomba lari. Berangkat dalam keadaan langit yang masih gelap dan tentu saja harus membayar tiketnya. Belum lagi untuk akomodasinya jika lokasi acara ke luar kota, atau mungkin ke luar negeri.

Tapi tolong garis-bawahi: Lari adalah cara paling nyata untuk menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat.

Coba tanya pengalaman beberapa teman yang rajin berlari; atau mungkin kamu yang menjadi salah satu diantaranya. Banyak yang mengalami penurunan berat badan saat sudah rajin berlari.

Walaupun sebenarnya manfaat lari jauh lebih dari itu. Tapi memulai sesuatu biasanya ada trigger-nya, kan?

LARI: MUDAH DAN BERMANFAAT

Jauh dari sekadar menurunkan berat badan, berlari memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Selain untuk membakar lemak, berlari dapat membentuk struktur tulang dan otot yang lebih kuat. Manfaat lainnya dalah meningkatkan kebugaran kardiovaskuler.

Dari manfaatnya untuk tubuh, tidak heran berlari menjadi salah satu aktivitas fisik yang cukup populer. Mungkin karena olahraga ini terkesan mudah untuk dilakukan. Berlari juga tidak memerlukan biaya yang besar dan bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Bagi sebagian orang, dan mungkin kamu yang membaca ini, akan menggeleng karena merasa olahraga ini tidak semudah yang dikatakan. Memang tidak bisa disama ratakan masalah mudah atau sulit, murah ataupun  mahal, karena setiap orang memiliki target yang beda-beda. Ada yang menjadikan sebagai selingan, bahkan ada yang sangat menyeriusi olahraga ini sebagai bagian dari aktivitas rutinnya.

Lari sekarang bagian dari gaya hidup urban masa kini, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Event lari semakin menjamur, dengan berbagai pilihan kategori jarak dan tingkat kesulitan. Mau yang fun atau lebih menantang?

LARI ATAU JOGGING?

Buat pemula mungkin agak bingung mengapa lari dan jogging dipisahkan. Lari atau jogging sama-sama bentuk olahraga aerobik. Aerobik artinya “dengan oksigen” sehingga olahraga aerobik artinya aktifitas fisik yang memproduksi energi dengan mengkombinasikan oksigen dengan kadar glukosa dalam darah atau lemak tubuh.

Pembedanya adalah dari sisi intensitasnya. Dengan berlari lebih cepat maka kalori yang terbakar akan lebih banyak. Memerlukan usaha yang lebih pada jantung, paru-paru, dan otot dibandingkan dengan jogging.

MANFAAT BERLARI MEMBUAT SAYA MERASA PERLU BERLARI

Lari atau jogging, manfaatnya membuat saya merasa kalau berlari itu memang diperlukan. Berikut 4 manfaat berlari yang membuat kita perlu berlari:

#1 Menjaga Kebugaran

Dengan sehat maka kualitas hidup kita juga bertambah. Oleh karena itu, memiliki tubuh yang bugar adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang.

Apabila kamu masih baru memulai lari-larian, biarkan tubuh beradaptasi dahulu. Lakukan dengan bertahap dengan melakukan jalan cepat terlebih dahulu. Setelah itu lakukan latihan jogging dan merasakan ritme tubuh. Naikan tingkatan level dengan berlari dengan lebih cepat. Untuk ke tahapan ini bisa dilakukan sekitar 1-2 bulan.

Jika ingin meningkatkan kondisi kebugaran secara keseluruhan, kombinasikan latian berlari anda dengan latihan lain, seperti bersepeda dan berenang.

#2 Menurunkan Berat Badan

Berat badan adalah permasalahan yang banyak dialami banyak orang tanpa mengenal usia dan gender. Memiliki tubuh yang ideal juga impian dari setiap orang. Tentunya dengan cara yang sehat.

Jika memang memiliki target menurunkan berat badan, maka latihan lari yang dilakukan harus diimbangi dengan diet dan menjaga makanan yang kita konsumsi. Selalu memasukan  makanan berserat pada menu, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hati-hati pada makanan yang mengandung lemak dan gula.

Asupan makanan dan menu latihan menjadi penentu keberhasilan dalam pencapaian target.

#3 Menambah Teman dan Relasi

Banyak teman itu menyenangkan. Banyak kok yang menjadikan lari sebagai ajang menambah relasi pertemanan. Saya sendiri termasuk dalam bagiannya.

Jika memiliki target ini, disarankan untuk bergabung dengan komunitas lari setempat. Selain bisa berlari dan beraktifitas bersama-sama, biasanya kita juga mendapat banyak update seputar race. Bisa latihan dan mengikuti event lari bersama-sama dengan orang yang memiliki hobi yang sama tentu saja menyenangkan.

#4 Menambah Tantangan

Katanya hidup lebih seru jika melalui banyak tantangan. Banyak dari kita yang membuat target-target tertentu untuk membuat hidup lebih bergairah.

Saat ini banyak event lari yang dilakukan hampir di setiap minggunya. Bergabung dengan komunitas lari atau klub dapat membantu kita untuk persiapan menghadapai event-event ini, karena biasanya memiliki pola latihan untuk menghadapi setiap race.

Target waktu menjadi tantangan tersendiri. Dan bisa mengikuti kompetisi dengan target yang dicapai membuat hidup lebih bersemangat. Jadi jika ingin menambah tantangan dengan berlari, tingkatkan selalu target waktu. Dan jangan lupa latihannya, ya!

Dari keempat manfaat berlari di atas, apakah ada yang menjadi target dalam hidup kamu? Jika kamu menginginkannya, segeralah kenakan sepatu dan mulai berlari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *