Wajar jika Anda merasa lapar setelah berolahraga. Energi terkuras selepas melakukan aktivitas fisik sehingga membuat perut keroncongan.

Namun ada satu pertanyaan yang muncul, apakah makan seusai berolahraga bagus untuk tubuh? Atau justru menghilangkan khasiat dari olahra itu sendiri?

Memang terjada ada beberapa orang yang menahan nafsu untuk makan karena khawatir sesi olahraga tidak sia-sia.

Seperti dikutip dari Kompas.com, sebenarnya tidak masalah ika Anda makan setelah olahraga. Tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras.

Bahkan Anda sudah boleh makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai

Lagi pula, otot-otot di tubuh kita membutuhkan energi dan makanan pengganti setelah bekerja keras. Dengan begitu, otot bisa pulih kembali dan kita pun mampu kembali melanjutkan aktivitas atau bahkan melakukan olahraga pada jadwal berikutnya.

Olahraga yang sebelumnya dilakukan pun tidak akan sia-sia jika Anda makan setelahnya. Pasalnya, ketika berolahraga, kita membakar cadangan lemak yang terpakai sebagai bahan energi.

Makanan yang disantap setelah olahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak menggantikan dibakar saat olahraga. Makanan baru akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Sisanya baru akan menjadi lemak.

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa makan seenaknya. Jenis makanan yang Anda santap juga perlu diperhtikan.

Konsumsilah makanan dengan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Hindari makanan yang berlemak tinggi setelah berolahraga.

Hindari juga makan makanan yang berat setelah berolahraga. Ini hanya akan membuat perut “kaget”.

Alih-alih memakan menu tinggi kalori, sebaiknya ganti dengan makanan yang ringan tapi cukup bisa menggantikan energi yang hilang. Jika merasa pusing dan lemah setelah berolahraga, makanan atau camilan manis cukup bisa membantu memulihkan energi dengan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa makan buah-buahan yang punya kandungan gula alami. Salad atau gado-gado juga bisa menjadi pilihan. Setelah itu, selang 30-60 menit baru bisa mengonsumsi makanan berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *