Dalam keadaan swim cap dan goggle yang sudah terpasang di kepala, anak-anak berusia antara 5 hingga 7 tahun berdiri membentuk lima barisan. Terlihat ragam ekspresi yang terpancar dari wajah mereka yang sudah basah karena habis memanfaatkan sesi water test untuk pemanasan sebelum lomba dimulai.

“Halo, apa kabar? Sudah sarapan?” sapa saya yang ketika itu berkesempatan untuk memandu pemanasan sebelum sesi berenang dimulai.

“Sudah!” jawab mereka dengan lantang. Walaupun saya tahu mungkin ada beberapa dari mereka yang enggan untuk sarapan kerena masih terlalu pagi.

Saya kembali menyapa, “Ada yang takut?”.

Namun ternyata jawaban dari mereka di luar dugaan. Dengan kompak mereka menjawab, ”Engaaak!”.

Anak-anak mungkin belum dihinggapi dengan pemikiran rumit. Mereka lebih spontan. Tidak ada wajah takut atau muram. Padahal banyak diantaranya yang baru pertama kali mencoba Triarthlon.

Mungkin bagi mereka, ini adalah ajang permainan, dimana mereka bisa berenang, bersepeda, dan berlari bersama-sama; bonus mendapatkan medali sesudahnya.

Kids Triathlon 2018 adalah event yang diadakan oleh Triathlon Buddies setiap tahunnya. Acara berlangsung hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2018 di The Spring Club, Summarecon Serpong, Tangerang. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok umur, yaitu Kids A (5-7 Tahun), Kids B (8-10 Tahun), Kids C (11-13) Tahun.

Beda kelompok usia, beda juga jarak yang ditempuhnya. Acara dimulai dari pelepasan peserta di Kids A di arena kolam renang. Kids A menempuh jarak renang sejauh 50 Meter. Setelah berenang, mereka harus menempuh jalur sepeda sejauh 2 KM. Setelah dua sesi itu, lomba ditutup dengan berlari sejauh 1 KM hingga ke garis finis dan mengambil medali.

Ada dua kali transisi, yaitu berenang ke sepeda (T1) dan sepeda ke lari (2). Di usia ini, banyak anak-anak yang masih memerlukan bantuan saat transisi, seperti memakai kaos kaki dan sepatu, memakai helmet dan topi, hingga minum. Tapi semua berlangsung lancar karena turut dihadirkan tim chaperone yang hadir untuk membantu anak-anak di area transisi.

Rangkaian lomba yang di jalani Kids B dan Kids C pun sama, namun jarak dan waktunya yang dibedakan. Untuk Kids B  harus menempuh jalur renang sejauh 100 M, bersepeda sejauh 4 KM, dan berlari sejauh 2 KM. Jarak ini dua kali lipat dari kategori Kids A.

Sedangkan untuk Kids C, jarak berenang yaitu 200 M, bersepeda sejauh 4 KM, dan berlari dengan jarak 3 KM.

Untuk usianya, jarak dari Kids Triathlon ini cukup menantang. Namun tingkat keamanan dan kenyamanan sangat dijaga, terlebih pesertanya adalah anak-anak. Jalur lomba steril dan jumlah marshall dan chaperon pun mencukupi.

Yang paling menyenangkan di event ini adalah melihat peserta yang begitu berani dan bersemangat menjalani setiap rangkaiannya. Kaki mereka mungkin masih begitu mungil, namun mentalnya saya acungi jempol. Saat pertama kali, saya belum seberani anak-anak ini. Walaupun untuk bersenang-senang, namun para peserta terlihat begitu serius menjalani rangkaian lombanya.

Tapi ada sedikit masukan untuk penyelenggara. Kids Triathlon 2018 akan lebih baik jika dilengkapi area refreshment yang menyediakan air putih dan pisang atau makanan ringan bagi peserta yang mencapai garis finis, seperti umumnya event olahraga berlangsung. Apalagi di area lomba sulit sekali mencari makanan karena berada di dalam lingkungan perumahan. Dari beberapa orangtua yang saya temui menyatakan hal sama.

Untuk mengikuti acara Kids Triathlon ini, anak-anak yang menjadi peserta dibawa orangtuanya sangat pagi karena harus melakukan registrasi ulang dan bike check-in pukul 5 pagi. Setelah lomba berlangsung, di mana tenaga sudah terkuras, banyak dari peserta yang sudah merasa lapar. Begitu pun dengan orangtua yang mendampingi.

Namun secara keseluruhan, Kids Triathlon 2018 berlangsung dengan rapi dan terkoordinir dengan baik.  Anak-anak pun menjalani dengan penuh bahagia. Berikut wajah-wajah jagoan Kids Triathlon pilihan Bugaraga:

 

Untuk foto-foto lengkapnya bisa dilihat di Facebook Page Bugaraga.com. Jangan lupa tekan tombol ‘like’ dan ‘share’ di akun media sosial masing-masing ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *