Problem yang muncul setelah berolahraga adalah merasa lapar dan ingin makan sesuatu. Namun tak jarang  momen tersebut dijadikan ajang balas dendam. Makan sepuasnya pun menjadi pilihan yang dilematis. Di satu sisi perlu memasukkan kalori sebanyak mungkin untuk mengisi perut yang keroncongan serta mengusir lelah.

Di sisi lain, jika dilakukan terus-menerus, workout tampak sia-sia, daya tahan tubuh tak juga membaik, dan berat badan tak kunjung turun. Tentu hal ini disebabkan karena kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar.

Hal Sederhana Yang Perlu Dilakukan Demi Berat Badan Ideal

Agar nafsu makan “terkendali”, berikut 5 hal sederhana yang bisa Anda lakukan, sehingga berat badan ideal tak hanya jadi wacana.

  1. Makan Sebelum Olahraga

Sumber: Business Insider

Ketika Anda olahraga dalam kondisi lapar, jangan heran Anda akan semakin lapar setelah selesai latihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengisi perut dengan makanan sehat 60 menit sebelum Anda mulai berolahraga. Dengan buah kaya serat atau protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Latihan secukupnya

Banyak orang latihan berlebihan karena ingin cepat langsing dan otot lebih cepat terbentuk. Padahal intensitas latihan berlebih, akan membuat tubuh kelelahan dan berujung pada keinginan makan ekstra. Latihan rutin lebih dianjurkan untuk mendapatkan hasil maksimal, sehingga  energi yang terbuang tidak terlalu banyak dan nafsu makan pun terkontrol.

  1. Makan Dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Dibandingkan makan sekaligus dalam porsi besar, makan dalam porsi kecil tapi sering lebih dianjurkan setelah berolahraga. Selain untuk menjaga saluran pencernaan tetap aktif, makan sesering mungkin juga bisa membatasi kalori yang masuk ke tubuh.

Makan dalam porsi besar setelah berolahraga akan membuat perut Anda “kaget”.  Konsumsi makanan ringan secara bertahap akan membantu menggantikan energi yang hilang. Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan berat 30-60 menit setelah selesai olahraga.

  1. Perhatikan Kebutuhan Cairan

Terkadang kita sulit membedakan antara haus dan lapar. Ketika tubuh kelelahan setelah berolahraga, banyak orang mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Minum terlebih dahulu selesai berolahraga akan menghindarkan Anda dari makan berlebih setelahnya.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Sumber: BarBend

Dibandingkan makanan berlemak, konsumsi makanan berserat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama tanpa membuat berat badan melonjak. Usahakan Anda memasukkan sayur dan buah pada setiap porsi makanan Anda.

Tetap Selektif Saat Makan Setelah Kerja Keras

Setelah bekerja keras, tentu tubuh Anda membutuhkan energi untuk pulih kembali dan Anda mampu kembali melanjutkan aktivitas atau bahkan melakukan olahraga pada jadwal yang telah ditentukan.

Jadi, tidak perlu merasa bersalah jika merasa kelaparan dan ingin makan setelah olahraga. Namun, Anda tetap harus selektif dalam menentukan jenis makanan serta porsi makan Anda, sehingga “kerja keras” Anda tak sia-sia.

Satu hal yang perlu diingat adalah “Anda adalah Apa yang Anda Makan”, yang memang benar adanya. Nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi menjadi bagian  dari struktur, fungsi, dan kesatuan setiap sel-sel  tubuh Anda.

Tubuh Anda akan terus berproses, dengan memperbaiki, menyembuhkan, dan melakukan proses regenerasi dengan sendirinya, dan seberapa sehat sel-sel baru pada tubuh Anda secara langsung ditentukan oleh seberapa baik makanan yang Anda konsumsi.

Hidup hanya sekali. Jika Anda bisa memberikan yang terbaik untuk diri Anda sendiri, mengapa tidak?

Semoga bermanfaat.

 

Photo credit: Sparkle & Sweat Shop

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *