Bersepeda bisa membantu Anda menurunkan berat badan, memulihkan diri dari cedera, dan mendongkrak kecerdasan berpikir.

Dan ini semua baru sebuah permulaan. Banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mengayuh pedal sepeda secara rutin. Berikut 7 manfaat seperti dilansir GoFit.

1. Tambah Cerdas

Sebuah studi yang dilakukan Charles Hillman pada 2007 memperlihatkan, latihan meningkatkan performa otak dan mencegah kehadiran Alzheimer’s di masa tua.

Di tahun yang sama, Dr. Phil Tomporowski menunjukkan jika bersepeda memberikan dampak positif terhadap anak dan aktivitas fisik ini membantu mengendalikan problem seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

2. Pulih dari Cedera

Sebuah penelitian baru menemukan, para pasien berumur yang memiliki masalah nyeri lutut dan osteoarthritis meningkat kondisinya ketika aktivitas bersepeda diselipkan dalam rutinitas mereka.

Hal ini membuktikan, meski usia makin bertambah, meluangkan waktu untuk berlatih – meski hanya mengayuh pedal sepeda selala beberapa menit – bisa memberikan manfaat yang besar.

3. Tingkatkan Kondisi Jantung

Bersepeda bagus buat jantung Anda. Sebuah penelitian di Medicine & Science in Sports & Exercise melewatkan waktu selama lima tahun untuk mengamati aktivitas 1.500 subyek. Mereka yang sehari-hari aktif, 31 persen lebih kecil peluangnya untuk mengidap tekanan darah tinggi.

4. Lebih Seksi

Sebuah survei terhadap 600 pria dan wanita yang dilakukan The British Heart Foundation menemukan, para pesepeda dianggap 13 persen lebih cerdas dan keren ketimbang yang lainnya.

Selain itu, 23 persen dari responden menyebutkan, pesepeda akan menjadi pilihan utama jika mereka melakukan blind-date dengan atlet.

5. Pangkas Lemak

Selama ini media kerap memromosikan jika diet adalah satu-satunya cara yang efektif untuk menyingkirkan lemak tubuh. Namun ilmu pengetahuan membuktikan sebaliknya.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan wanita tua yang mengidap diabetes bisa menurunkan kadar visceral fat jika latihan bersama diet dikombinasikan dalam rutinitas mereka. Hal yang sama juga berlaku untuk wanita berusia muda.

6. Mencegah Kanker

Menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara rutin, dan menerapkan pola makan yang tepat membantu Anda menurunkan risiko kanker.

Dan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association yang mengamati sekitar 14.000 pria menyimpulkan, mereka yang memiliki tingkat kebugaran tinggi saat memasuki usia pertengahan lebih rendah risikonya mengalami kanker paru-paru dan kolorektal.

7. Hidup Lebih Lama

Merujuk pada salah satu studi terhadap para pembalap Tour de France, bersepeda terbukti meningkatkanusia hidup mereka. Secara rata-rata, mantan pembalap sepeda profesional memiliki usia hidup hingga 81,5 tahun dibandingkan orang biasa dengan angkat 73,5 tahun. Ini adalah sebuah peningkatan sebesar 17 persen.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *