Olahraga akan memberikan dampak positif buat tubuh, tak terkecuali terhadap anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Akan tetapi, tidak semua anak suka atau bersemangat untuk diajak berolahraga.

Namun, bukan tidak mungkin untuk membuat anak jadi terbiasa hidup sehat dengan berolahraga. Berikut tips membuat anak suka berolahraga:

4. Lakukan olahraga yang berbeda

Sebagai langkah awal, jangan dulu mengkhususkan anak pada satu macam olahraga saja.

Ajak ia untuk mencoba berbagai jenis olahraga agar anak bisa mengembangkan keterampilan fisik mereka dan mencari tahu jenis olahraga mana yang disukai.

Dengan begitu berolahraga bukan menjadi kegiatan yang membosankan dan dilakukan karena paksaan.

5. Pilih tempat yang sesuai

Jika kamu dan pasangan termasuk orangtua yang sibuk bekerja dan memilih untuk menitipkan anak di tempat penitipan, maka usahakan memilih tempat yang memiliki serangkaian program aktivitas fisik.

Dengan begitu anak tak hanya menghabiskan waktu dengan duduk dan berdiam diri akan tetapi memiliki banyak kesempatan untuk bergerak dan mengembangkan keterampilan dasarnya seperti berlari, melompat, dan serangkaian kegiatan fisik lainnya.

Selain itu, jika anak sudah berada di usia sekolah, maka penting melihat berbagai ekstrakurikuler yang ditawarkan. Ini bertujuan agar anak bisa memilih kegiatan olahraga yang ia sukai.

6. Berikan pujian dan semangat

Saat anak sedang melakukan olahraga atau kegiatan fisik tertentu, cobalah untuk memberinya semangat. Pusatkan perhatian padanya agar ia merasa didukung. Tetapi usahakan untuk tidak menekannya dengan serangkaian target tertentu.

Bisa-bisa anak merasa bahwa olahraga menjadi hal yang membuatnya stres, bukan sebaliknya. Usahakan untuk mempraktikkan hal ini dengan rutin.

Selain itu, kita juga perlu memberikan pengetahuan pada anak bahwa olahraga mendatangkan banyak manfaat untuknya. Dengan begitu peluang untuk membuat anak suka olahraga menjadi semakin besar.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *