Jalan kaki merupakan olahraga paling sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

Kendati demikian, dengan rutin berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari, Anda sudah bisa mendapatkan banyak dampak positif buat tubuh.

Berjalan kaki adalah olahraga yang sering direkomendasikan dokter. Jenis latihan ini bisa dilakukan siapa saja, tua-muda, gemuk-kurus, cuma dibutuhkan sepasang sepatu, dan tentu saja niat.

Berikut lima pengaruh positif berjalan kaki terhadap tubuh seperti dilansir Kompas.com:

4. Saluran pencernaan lebih baik

Bukan hanya kita akan lebih bugar, setelah menjalani latihan rutin jalan kaki kita juga akan merasakan buang air besar lebih lancar.

Setiap jenis latihan olahraga pada dasarnya akan meningkatkan gerakan usus, sehingga mencegah sembelit.

5. Terhindar dari penyakit

Para ahli di Asosiasi Diabetes Amerika menyatakan, berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah sehingga risiko terkena diabetes menurun.

Selain itu, mereka yang berjalan kaki 30 menit setiap hari selama 5 hari seminggu, juga risikonya terkena penyakit jantung turun sampai 30 persen, dibandingkan dengan yang tidak pernah olahraga.

6. Bentuk kaki lebih bagus

Semakin bertambahnya usia, risiko mengalami varises pembuluh darah juga makin besar. Nah, dengan rutin jalan kaki risiko itu bisa dicegah.

Berjalan kaki dapat memperkuat sistem sirkulasi vena yang berada di sekitar kaki dan telapak kaki. Aliran darah pun lebih lancar dan otot kaki lebih kuat.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *