Jalan kaki merupakan olahraga paling sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

Kendati demikian, dengan rutin berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari, Anda sudah bisa mendapatkan banyak dampak positif buat tubuh.

Berjalan kaki adalah olahraga yang sering direkomendasikan dokter. Jenis latihan ini bisa dilakukan siapa saja, tua-muda, gemuk-kurus, cuma dibutuhkan sepasang sepatu, dan tentu saja niat.

Berikut lima pengaruh positif berjalan kaki terhadap tubuh seperti dilansir Kompas.com:

1. Mood lebih baik

Jika biasanya kamu butuh sebatang cokelat, donat atau pun segelas kopi manis untuk mengembalikan mood, maka berjalan kaki adalah alternatif yang lebih sehat tapi pengaruhnya sama terhadap suasana hati.

“Penelitian menunjukkan, rutin jalan kaki akan mengubah sistem saraf sehingga kita akan merasakan penurunan rasa marah dan kebencian,” kata dr.Melina B. Jamplis, penulis buku The Doctor on Demand Diet.

2. Mendorong ide kreatif

Ketika kamu merasa stuck dengan pekerjaan, berjalan kaki adalah ide yang baik untuk menyegarkan kembali kerja otak.

3. Celana lebih longgar

Jika kamu mulai rutin jalan kaki, perubahan paling terlihat mungkin adalah celana yang semula sempit kini mulai pas, bahkan longgar, walau angka timbangan tak berubah banyak.

“Ini karena rutin jalan kaki akan memperbaiki respon tubuh terhadap insulin, yang akan mengurangi lemak perut,” kata pelatih kebugaran Ariel Lasevoli.

Ia menambahkan, jalan kaki setiap hari adalah olahraga dengan benturan rendah (yang berarti aman untuk siapa pun), yang bisa membakar kalori dan mencegah hilangnya otot.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *