“Saya bukan atlet yang hebat, hanya pekerja keras.”

John Duke, Seorang atlet Ironman yang melegenda.

Triatlon Ironman diakui merupakan salah satu lomba olahraga yang penuh tantangan di dunia. Di Indonesia pun mulai banyak peminat, meskipun mungkin jumlahnya belum sebanyak di negara-negara luar. Ironman berarti berenang, berlari, dan bersepeda dengan total jarak 140 mil.

Sebelum jauh-jauh ke jarak tersebut, mari berkenalan dengan Ironman 70.30, juga dikenal dengan Half Ironman, merupakan lomba triathlon jarak jauh yang dikelola  World Triathlon Championship (WTC). Jarak ini tentunya lebih bersahabat dibanding dengan Ironman 140 .6.

Ironman 70.30 mereferensikan jumlah keseluruhan jarak dalam hitungan mil (113.0 km), meliputi 1.2 mil (1.9 km) berenang, 56 mil (90 km) bersepeda, dan 13.1 mil (21.1 km) berlari. Ketiganya dilakukan tanpa ada jeda. Untuk yang pemula langsung membayangkan seberapa keras latihan yang harus dilakukan. Walaupun termasuk lomba olahraga yang terkadang mengerikan tapi peminatnya justru semakin bertambah, atau mungkin kamu salah satunya.

6 hal yang harus diperhatikan untuk naik level ke Ironman 70.3

Jika kamu mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba Ironman 70.3: Selamat! Jangan lupa persiapan yang matang. Bukan hanya masalah latihan tetapi juga nutrisi dan perlengkapan. Fokus pada target sehingga bisa membuat perencanaan latihan yang lebih terstruktur dan terukur.

#1 Jarak yang memungkinkan untuk naik level

Jika membayangkan Ironman 140.6 rasanya memang sulit terjangkau. Walaupun John Duke mengatakan setiap orang  bisa menuju mengikuti Ironman, tapi jangan lupa bahwa kemungkinan itu perlu disertai usaha yang keras.

Jika biasanya kamu mengikuti jarak yang lebih pendek (Sprinter dan Olympic) dan ingin naik level, Half Ironman adalah lomba dengan jarak yang tepat. Mengikuti lomba Ironman 70.30 juga bisa menjadi anak tangga untuk masuk ke pencapaian tertinggi: Ironman 140.6.

#2 Bukan sekadar menempuh 70.3 mil

Ironman merupakan salah satu lomba yang memerlukan daya tahan fisik yang kuat, karena kita berhadapan dengan jarak 70.3 mil dalam dengan transisi waktu yang sangat pendek. Peserta memulai dengan berenang sejauh 1.2 mil. Tanpa diberi jeda panjang peserta harus langsung menaiki sepeda dan mengayuh pedal sejauh 56 mil. Keduanya sudah menguras tenaga, tapi perjalanan belum berakhir karena masih harus berlari sejauh 13.1 mil.

Untuk jarak sejauh itu bagaimana kalau kebelet buang air kecil? Melepaskan diatas sepeda adalah hal yang cukup menantang. Pada umumnya seorang atlet Ironman cukup mengurangi sedikit kecepatan, lalu mengangkat tubuhnya dari atas saddle lalu dengan rileks melakukan pembuangan.

Mengurangi kecepatan berarti memberi kesempatan pada peserta untuk menyalip posisi kita. Tapi hal ini tentunya tidak terlalu memberi dampak yang banyak dibanding kamu harus bergeser ke pinggir dan mencari toilet. Setiap orang memiliki pengalaman masing-masing, kamu sudah siap membuat cerita sendiri?

#3 Fokus pada tujuan dan latihan

Jika sebelumnya kamu berlatih untuk mengisi waktu kosong, jangan lakukan ini jika kamu ingin mengikuti Ironman. Menurut Inge Prasetyo, atlet Ironman Indonesia yang masuk kualifikasi World Championship di Kona, latihan untuk Ironman memang membutuhkan fokus, disiplin, dan konsistensi.

Tentunya banyak waktu yang tersita untuk latihan, sehingga waktu bersosialisasi dan dengan keluarga pun berkurang. Persiapan dan perencanaan memang membutuhkan waktu. Membuat perencanaan latihan jangan seperti wartawan yang dikejar deadline, persiapkan dari jauh-jauh hari. Minimal 6 bulan sebelum lomba (ada juga yang mengatakan 7 dan 8 bulan sebelum lomba).

Pilihlah pelatih yang membantu merencanakan program latihan. Latihan yang terprogram untuk menghindari kemungkinan overtraining dan terjadi cedera. Sebelum memulai latihan ketahui tingkat fleksibilitas dan kekuatan kita berada di tingkat apa. Latihan penguatan dan fleksibilitas diperlukan untuk mengindari cedera yang terjadi saat latihan.

Jangan langsung menyerah! Latihan untuk Half Ironman tidak sepadat untuk persiapan Ironman 140.6. Dengan waktu latihan 7-10 jam per minggunya kamu bisa mendapatkan tubuh yang bugar untuk persiapan lomba. Tentunya berbeda dengan Ironman yang membutuhkan waktu latihan sekitar 15-20 jam per minggu.

#4 Tidak paham aturan bisa didiskualifikasi

Mungkin aturan setiap lomba bisa berbeda-beda, akan tetapi untuk lomba Ironman memiliki dasar aturan yang ketat. Kamu harus mengetahui aturan dengan jelas supaya tidak didiskualifikasi. Jadi saya sarankan aturan lomba dibaca dengan baik-baik.

Ada tiga jenis penalti, yaitu hukuman stop-and-go time penalty (kartu kuning), 5 minutes time penalty (kartu biru), dan disqualification (kartu merah). Mendapatkan tiga kali kartu biru juga akan membuat kamu dikeluarkan dari pertandingan.

Untuk mengikuti lomba Ironman 70.3 juga memiliki aturan dalam menggunakan swimsuit/speedsuit. Harus 100% bahan tekstil, seperti nilon dan likra, tidak termasuk bahan karet seperti poliuretan dan neoprene. Swimsuit tidak boleh menggunakan risleting dan menutupi bagian tubuh kecuali tangan, dan kaki. Permukaan leher tidak boleh tertutupi dan tidak boleh melebihi siku tangan dan lutut.

Sebenarnya pakaian untuk triathlon sudah dibuat supaya lebih praktis dan menghemat waktu. Trisuit adalah pakaian yang didesain untuk olahraga triathlon, sehingga tidak perlu berganti pakaian pada transisi berenang, beresepeda, dan berlari.

#5 Harus menyelesaikan race tidak lebih dari 8 Jam

Setiap lomba Ironman 70.30 memiliki tantangan masing-masing karena bukan hanya dipengaruhi oleh keadaan fisik kita tetapi faktor tempat, seperti cuaca, medan dan tingkat elevasi, suhu tempat, dan kondisi arus. Tapi kita harus tetap menyelesaikan lomba di bawah limit waktu atau cut-off time (COT). Untuk atlet elit biasanya menyelesaikan lomba di bawah 4 jam, tentunya jauh lebih cepat dari limit waktu lomba yang selama 8 jam.

Lomba Ironman 70.3 Calgary yang diselenggarakan 23 Juli 2017 di Calgary, Canada, memiliki cut-off time 1 jam 10 menit untuk berenang. Untuk bersepeda memiliki limit waktu 4 jam setelah cut-off time dari berenang (sekitar 5 jam 10 menit dari start lomba). Karena yang terakhir adalah berlari, maka limit waktu untuk bagian ini adalah 8 jam setelah start.

#6 Bukan hanya finish

Banyak yang mengikuti Ironman dengan target asalkan bisa finish. Ironman 140.6 memang bukan jarak yang sederhana. Ironman 70.3 merupakan lomba yang masih bisa dinikmati dengan euforia dari peserta peserta dan penonton yang membuat semangat.

Rata-rata peserta menyelesaikan waktu antara 5 hingga 6,5 jam (tergantung dari kemampuan masing-masing). Lomba berakhir setelah 8 jam, di mana matahari belum tenggelam. Masih menyisakan energi untuk merayakan penyelesaian lomba dengan peserta lain saat makan malam.

 

Image: https://swimsweatandgears.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *