Sebagai negara kepulauan, mudah mendapati pantai di negara kita ini. Pantai yang dulu sekadar menjadi tempat bersantai, kini mulai berubah menjadi tempat latihan lari.

Entah di kotamu ada pantai atau kamu sedang bepergian ke kota yang ada pantainya, kenapa tidak memanfaatkannya sebagai tempat latihan? Sebelumnya, cek dulu tips lari di pantai berikut ini, dirangkum dari blog Asics dan runner.id.

1/ Berlari di pagi hari
Biasanya, cuaca lebih nyaman di pagi hari  dan pengunjung juga lebih sedikit.

2/ Berlari di pasir yang basah dan keras
Pasir seperti ini adanya dekat dengan garis pantai (shoreline). Lari di pasir seperti ini lebih mudah ketimbang lari di pasir yang lembut dan dalam. Ada lebih banyak pasir yang keras saat pasang surut.

3/ Mulai dengan jarak pendek
Lari di pantai memiliki dampak yang lebih berat pada Achilles Tendon dan sendi pergelangan kaki dibandingkan lari di aspal atau permukaan lainnya. Karena itu, hindari langsung melakukan long run dan sesuaikanpace kamu.

4/ Tetap gunakan sepatu
Berlari kaki telanjang (barefoot) di pantai memang terasa menyenangkan. Tapi untuk porsi terbesar larimu, tetap gunakan sepatu. Hal ini akan menghindarkanmu dari terkena potongan benda tajam yang mungkin saja tersembunyi di pasir. Tidak perlu sepatu khusus untuk lari pantai, tapi bila kamu punya lebih dari satu pasang, dedikasikan salah satunya untuk lari di pantai.

5/ Gunakan tabir surya
Berlari di area terbuka seperti pantai berarti membuat dirimu berpotensi tidak saja terpapar sinar matahari langsung, melainkan juga sinar matahari akibat pantulan dari air laut atau pasir. Keduanya sama-sama memiliki efek negatif. Pastikan kamu menggunakan tabir surya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *