Berlari di luar ruang membuat para pelari harus merelakan kulitnya terpapar sinar matahari. Padahal dampak buruk dari radiasi ultraviolet mengancam kesehatan kulit, salah satunya adalah penuaan dini. Dampak lebih buruk lagi adalah resiko terkena kanker.

Sementara itu, kulit adalah bagian tubuh yang paling terlihat dan paling sering diperhatikan oleh wanita. Dalam seminar “Doctor to Runner: Run to be Healthy” di Hotel Shangri-la pada Sabtu kemarin (19/08/2017), Dr. Novrina Indrawati Widjaja, SpKK membagikan tips menjaga kesehatan kulit saat berlari:

#1 Hindari Berlari di Siang Hari

Jika kamu memiliki hobi lari dan peduli akan kesehatan kulit, berlari lah di pagi atau sore hari. Hal ini untuk menghindari dampak buruk dari radiasi sinar ultraviolet yang bisa membuat kulit terbakar, menuda, atau bahkan kanker kulit. Sebaiknya tidak berlari antara pukul 10.00-16.00.

#2 Berlari dengan Memakai Pelindung Kulit

Pakaian diciptakan untuk melindungi kulit kita, salah satunya dari radiasi ultraviolet. Supaya sinar matahari tidak langsung menyengat kulit, pelari disarankan untuk pakailah topi dan pakaian berlengan panjang.

#3 Memakai Sunscreen Saat Berlari

Saat berlari di luar ruang kulit kita terancang dampak buruk dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B (UVB) akan membakar lapisan kulit kita sehingga menjadi kemerahan (sunburn). Sedangkan sinar ultraviolet A (UVA) justru akan masuk ke lapisan kulit lebih dalam lagi yang bisa membuat penuaan pada kulit. UVA atau UVB, keduanya tidak baik untuk kesehatan kulit.

Salah satu cara untuk mengurangi dampak buruk UVA/UVB adalah memakai sunscreen. Sebaiknya tidak terlalu irit dalam menggunakan sunscreen, karena fungsinya untuk menutupi permukaan kulit. Aplikasikan pada kulit minimal 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruang. Lebih baik lagi jika diulang pemakaiannya setiap 2 jam sekali.

#4 Berhenti Menggunakan Krim Malam Minimal 1 Hari Sebelumnya

Jika ingin berlari di luar untuk waktu yang lumayan lama, sebaiknya kulit diistirahatkan dahulu dari produk perawatan kulit. Jadi jika ingin menghadapi race day atau long run, ada baiknya untuk berhenti menggunakan krim malam 1-2 hari sebelumnya.

#5 Memakai Pelembab

Berlari di bawah sinar matahari dapat membuat kulit lebih kering, untuk itu jangan lupa sellau memakai produk pelembab kulit. Untuk kulit yang sensitif dan mudah merah sebaiknya memakai pelembab khusus untuk kulit sensitif.

DAMPAK BURUK RADIASI UVA/UVB BAGI KULIT

Sinar matahari dibutuhkan tubuh karena membantu produksi vitamin D yang diperlukan dalam pembentukan dan kesehatan tulang. Tetapi paparan sinar matahari pada kulit yang berlebihan juga dapat membawa dampak negatif.

Kulit kita mungkin sudah terbiasa dengan sengatan sinar matahari. Tanpa disadari, sinarnya itu membawa radiasi dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menembus lapisan kulit lebih dalam lagi.

Paparan yang terlalu lama dan berlangsung dalam jangka panjang bukan hanya membuat kulit tidak cantik, tetapi juga mengancam kesehatan kulit. Dampak yang lebih buruk lagi adalah meningkatkan risiko terkena kanker.

Jadi, walaupun gemar berolahraga tetapi jangan mengabaikan kesehatan kulit`. Proteksi dan perawatan diperlukan supaya kulit tetap cantik dan juga sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *