Tidak sedikit orang yang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga sehingga mengalami gangguan tidur pada malam hari.

Lari pagi mungkin bisa menjadi solusi sederhana tetapi ampuh untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Berikut tips memulai lari pagi seperti dilansir Alodokter.com:

Sebelum memulai lari pagi, usahakan untuk melakukan pemanasan. Suhu tubuh yang rendah pada pagi hari membuat pemanasan yang cukup sebelum olahraga menjadi sangat penting. Selain itu, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Konsumsi buah, jus, atau yoghurt sekitar 30 menit sebelum lari pagi. Hal ini penting untuk menghindari rasa pusing atau rasa lemas saat berolahraga dengan perut kosong. Namun, disarankan untuk menghindari kopi.
  2. Lakukan peregangan setelah lari pagi. Hal ini akan membantu tubuh lebih lentur dan mencegah cedera. Bungkuk hingga tangan mencapai jari kaki atau putar kepala ke arah kanan dan kiri.
  3. Setelah selesai lari pagi, lakukan pendinginan selama beberapa menit. Tarik napas dalam dan biarkan tubuh santai sekitar 1-2 menit. Lakukan ini sebelum mulai makan, mandi, atau aktivitas lain.
  4. Pertimbangkan pusat kebugaran atau gym. Tempat latihan semacam ini sangat baik untuk mempertahankan motivasi berolahraga bagi sebagian orang.
  5. Tetap berolahraga di akhir pekan. Jika Anda menjadikan olahraga pagi hari sebagai bagian rutinitas, sebaiknya tetap lakukan pada akhir pekan.

Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mulai berolahraga.

Disarankan untuk memulai lari pagi secara perlahan sesuai kemampuan. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian untuk memperoleh manfaat lari pagi secara maksimal.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *