Olahraga adalah bagian dari pola hidup yang berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Sarah Costeira, seorang triathlete wanita yang mendapat peringkat ketiga di grup usianya pada kompetisi Ironman Taiwan, justru mengalami masalah kepercayaan diri saat kecil.

Sarah yang memiliki darah Portugal dan Perancis tinggal di negara yang para wanitanya banyak menjadi model. Tubuh ramping dan wajah cantik adalah impian dari banyak wanita yang pada akhirnya dianggap sebagai tuntutan. Sarah menjadi satu dari banyak wanita yang terpengaruh dalam pola pikir tubuh ideal adalah tubuh yang ramping seperti model.

Sarah menjadi tidak suka makan dan mengalami anoreksia di usia yang masih belia. Anoreksia atau Anoreksia Nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.

Sarah harus diopname di rumah sakit karena penyakitnya ini. Tubuhnya terus menyusut dan sistem imun yang menyusut membuat Sarah murang berenergi dan mudah merasa kedinginan. Dengan tubuh kurusnya sarah menjadi kurang percaya diri dan cenderung anti-sosial.

Tapi itu hanya tinggal sebuah cerita di masa lalu. Saat ditemui Bugaraga usai latihan berenang di PIK FIT Sarah terlihat sangat ramah dan banyak tersenyum. Sarah pun sempat melakukan beberapa pose saat Bugaraga meminta foto dirinya.

Semenjak rajin olahraga Sarah mendapatkan postur tubuh yang lebih baik. Saat latihan dan lomba Sarah banyak berinteraksi dengan orang lain. Semua berjalan dengan menyenangkan. Apalagi saat berhasil mendapat peringkat atas, ada rasa kebanggan tersendiri.

Olahraga untuk meningkatkan rasa percaya diri

Olahraga bukan hanya latihan fisik, tetapi juga masalah melatih mental dan pikiran. Ketika berlatih seringkali kita mendapati hambatan dan memiliki tantangan untuk dapat melaluinya. Proses ini yang membuat orang yang rajin berolahraga merasa lebih sehat secara jasmani dan mental. Sehat membuat kita lebih percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa resep untuk meningkatkan rasa percaya diri dari berolahraga:

Pilihlah 0lahraga yang kita suka

Keberhasilan didapat jika kita melakukannya dengan disiplin, fokus, dan konsisten. Untuk dapat melakukan semua itu tentunya kita harus menyukai apa yang sedang dijalani. Nikmat setiap prosesnya.

Latihan bersama teman atau komunitas

Terkadang kita merasa bosan atau sedang dalam mood yang kurang baik. “Training-buddies sangat penting!” kata Inge Prasetyo yang merupakan teman latihan Sarah Costeira.

Akan menyenangkan jika kita ada di dalam lingkaran yang memiliki hobi yang sama. Bisa saling mengingatkan dan mendukung dalam latihan maupun perlombaan. Kita pun lebih luwes lagi dalam berinteraksi dengan orang lain. Kelebihan lainnya adalah banyak ilmu yang bisa didapat.

Belajar menghadapi tantangan

Target biasanya membuat kita menjadi lebih semangat latihan. Dalam berlatih kita biasanya menghadapi banyak tantangan. Hal utama sebelum kita memecahkan suatu masalah adalah mengenali diri sendiri dan masalah itu, kemudian hadapi.

“Dengan disiplin, fokus, konsisten, dan menikmati latihannya sendiri maka banyak pelajaran yang dapat diambil.” Kata Inge Prasetyo dalam sesi wawancara bersama Bugaraga.

Kegagalan bukanlah musuh

Jika kamu membaca biografi orang-orang yang sukses pasti di dalamnya terdapat cerita kegagalan sebelumnya. Inge pun saat pertama kali mengikuti lomba triathlon tidak berhasil menyelesaikannya. Walaupun Inge sudah terbiasa berenang, bersepeda, dan berlari, tetapi tidak menyangka kalau untuk mengikuti ajang perlombaan triathlon itu harus berenang sejauh 2km, bersepeda sejauh 60km, dan berlari sejauh 10km.

Kegagalan itu tidak membuat Inge kapok. Saat mengikuti lomba triathlon lagi Inge mempersiapkan fisik dengan lebih baik. Latihan sangat penting untuk dapat berhasil. Sekarang Inge menjadi satu-satunya orang Indonesia yang lolos kualifikasi mengikuti Ironman World Championship di Kona.

Jangan mudah menyerah!

Bertahan dalam Pikiran yang Positif

Akan sulit melalui tantangan tanpa pikiran yang positif. Nikmati olahraga yang sedang kita jalani. Kombinasi latihan secara fisik dan mental menjadi sukses keberhasilan. Jika kita memiliki performa yang baik maka rasa percaya diri kita pun meningkat.

Orang-orang yang bahagia adalah orang-orang yang mampu merasakan bahwa dirinya sangat penting dan berarti. Benar, kan?

 

http://theconfidencecode.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *