Saat Anda berlari, tubuh tak hanya bereaksi dengan mengeluarkan hormon endorphin, yang memicu rasa bahagia. Namun tubuh juga akan memecah protein menjadi energi.

Sebagai gantinya, otot akan menggunakan glikogen sebagai bahan bakar untuk mengganti  sel-sel yang rusak sekaligus sumber tenaga tambahan. Proses inilah yang menyebabkan Anda merasa lelah dan lapar setelah selesai lari.

Tenaga yang terbuang tentu harus diisi ulang kembali.  Tak sekedar dengan istirahat yang cukup, tapi nutrisi penting untuk dijaga agar tenaga segera pulih.

Berikut 5 makanan wajib Anda setelah lari

  1. Aneka buah segar

Source: Mother Nature Network

Aneka buah segar tentu tak boleh luput dari menu wajib harian Anda, terlebih lagi selepas berlari. Berbagai macam buah dengan kandungan garam alami seperti anggur, jeruk, apel, semangka, bisa membuat tubuh Anda tetap terhidrasi serta tekanan darah dalam kondisi stabil

  1. Kombinasi karbohidrat dan protein

Karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama berolahraga. Sedangkan protein yang mengandung asam amino membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama berolahraga.

Makanan kaya karbohidart seperti ubi, kentang, oatmeal, pisang. Sedangkan makanan kaya protein seperti keju, telur, daging ayam, salmon, tuna, yogurt.

Kombinasi keduanya merupakan dua hal utama yang dibutuhkan setelah Anda selesai melakukan aktivitas fisik, yakni saat dimana peredaran darah dalam kondisi baik.

Agar produksi insulin yang mendorong sintesis glikogen lebih maksimal, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat secara bersamaan. Dengan perbandingan karbohidrat dengan protein yakni tiga banding satu.

  1. Makanan dengan kandungan lemak sehat

Sumber: Glamour

Sebanyak 45% energi pada tubuh berasal dari lemak. Makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat, seperti kacang-kacangan, alpukat, dan susu sapi cocok dijadikan pilihan mengisi perut setelah Anda berlari. Kandungan lemak sehatnya dapat meningkatkan pertumbuhan otot setelah beraktivitas fisik.

  1. Daging ayam tanpa lemak

Sumber: Rastelli Market

Kandungan selenium pada daging ayam dapat mengurangi resiko arthritis. Untuk konsumsi yang lebih sehat, pilih dada ayam tanpa lemak, hindari menggoreng dalam mengolahnya.

Cukup grill dengan minyak zaitun, lalu tambahkan sedikit lada dan garam. Kadar protein yang tinggi pada daging ayam akan membantu mempercepat pertumbuhan otot baru pasca lari.

  1. Oatmeal

Untuk menggantikan energi yang hilang, oatmeal merupakan pilihan yang tepat, apalagi jika dibandingkan dengan nasi. Selain kandungan vitamin dan mineral yang membuat Anda kembali fit setelah menempuh beberapa kilometer, oatmeal juga dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh.

 

Semoga bermanfaat.

 

Photo credit:Running Competitor

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *