Bersepeda memang menyenangkan. Aktivitas yang satu ini membuat tubuh bugar.

Namun, bagaimana jika kita dalam kondisi hamil? Apakah aman untuk bersepeda?

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, bersepeda saat hamil aman dilakukan. Namun, tetap saja ada hal-hal yang perlu dipatuhi agar tidak menimbulkan efek buru bagi janin.

Berikut ini tips aman bersepeda bagi wanita hamil:

1. Sebelum anda pergi bersepeda sebaiknya anda memeriksa keadaan sepeda anda. Pastikan semua kondisi aman, agar anda dapat memperkecil resiko terhadap kecelakaan. Pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan baik, ban tidak bocor, dan ban luar sepeda anda tidak gundul.

2. Gunakan sadel sepeda anda dengan yang lebih lebar supaya bokong anda tidak cepat merasa sakit, serta aliran darah anda tidak tersumbat oleh tekanan tubuh yang berat.

3. Lakukan peregangan serta pemanasan terlebih dahulu sebelum anda mulai bersepeda. Cukup dengan menggerakan kepala, bahu, tangan dan kaki anda selama 5 menit dengan perlahan.

4. Usahakan anda berolah raga sepeda ini pada pagi hari ketika matahari belum terlalu panas, hal ini dilakukan agar tidak terjadi dehidrasi yang diakibatkan oleh kepanasan. Selain itu matahari pagi masih sangat bagus bagi kesehatan tulang anda.

5. Selama bersepeda hal yang perlu anda perhatikan ialah minum air putih lebih dari biasanya. Hal tersebut dapat mempercepat dalam mengeluarkan panas di dalam tubuh yang diakibatkan karena meningkatnya kegiatan otot di dalam tubuh. Jika panas di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka akan menimbulkan gangguan pada tulang belakang terutama jika kehamilan anda baru memasuki trimester pertama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *