Acara lari BNI UI Half Marathon (UIHM) 2017 akan berlangsung kurang dari 2 minggu lagi, tepatnya pada 16 Juli 2017 di kampus Universitas Indonesia, Depok. Kegiatan ini merupakan event lari pertama yang diselenggarakan oleh ikatan alumni UI (Iluni UI), yang sekaligus dibuat untuk memperingati ulang tahun kampus UI Depok yang ke 30.

BNI UIHM 2017 tidak hanya menjadi salah satu ajang berkumpul bagi para alumni UI, namun sekaligus juga memberikan suasana berlari yang berbeda bagi masyarakat pecinta lari, khususnya yang sudah sangat terbiasa dengan rute lari di area Jakarta. Ini saatnya mencoba rute yang sedikit berbeda dengan lokasi tidak jauh dari Jakarta.

Walaupun merupakan penyelenggaraan untuk pertama kali, BNI UIHM 2017 sudah hampir memenuhi target jumlah peserta sebanyak 3.000 orang. Saat ini hanya tersisa sedikit slot kosong lagi untuk kategori 10K dan 21K.

Acara BNI UIHM 2017 ini adalah kegiatan kedua setelah kegiatan Run for River yang menggabungkan olahraga lari sambil memperkenalkan suasana kesejukan dan kerindangan pepohonan di area kampus UI Depok.

Sumber: kompas.com

Hal yang perlu diketahui sebelum mengikuti UI Half Marathon

#1 Perbedaan BNI UI Half Marathon dan Run for River

BNI UIHM 2017 adalah acara dari Iluni UI, yang bertujuan untuk meningkatkan budaya hidup sehat sambil berkontribusi dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya melalui sumbangsih dalam dana abadi Universitas Indonesia.

Sedangkan Run for River adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Mapala UI, dengan tujuan selain untuk membudayakan olahraga lari dan pola hidup sehat, juga untuk meningkatkan kontribusi atas kepedulian lingkungan khususnya untuk pelestarian sungai Ciliwung. Sebagai informasi, Run for River tahun ini akan dilangsungkan di bulan September 2017 nanti.

#2 Rute lari

Bagi peserta dengan jarak tempuh 21K, rute yang dilalui akan membawa kita mengelilingi hampir semua sisi kampus UI Depok. Dimulai dari garis start di area rektorat UI, mengelilingi lingkar luar kampus sampai ke asrama mahasiswa UI, dan juga mengelilingi area tengah kampus seperti Perpustakaan UI dan area danau Pusat Studi Jepang.

#3 Lokasi parkir

Bagi yang berharap bisa datang lebih pagi untuk mendapatkan parkir di area dalam kampus UI, urungkan niat anda. Untuk keperluan kegiatan BNI UIHM 2017 ini, area kampus UI akan ditutup pada tanggal 15 Juli pukul 23.00, sehingga tidak ada lagi kendaraan yang boleh masuk ataupun keluar setelah itu.

Tapi tenang saja, panitia telah menyiapkan lokasi parkir di dua pusat perbelanjaan besar di sekitar kampus. Pertama, Margocity Depok, dengan kapasitas parkir yang bisa menampung 2.000 mobil dan sekitar 11.000 sepeda motor. Dari Margocity ini, hanya dibutuhkan waktu 8 menit berjalan santai untuk mencapai lokasi start.

Yang kedua, Depok Town Square (Detos). Kapasitas lahan parkirnya mampu menampung 1.000 mobil dan lebih dari 10.000 sepeda motor. Hanya dibutuhkan waktu 3 menit untuk berjalan kaki dari Detos menuju lokasi lomba.

Dengan kapasitas parkir seperti itu maka tidak ada alasan untuk kuatir mengenai ketersediaan lahan parkir.

#4 Kendaraan umum yang bisa digunakan

Selain menggunakan kendaraan pribadi ataupun taksi dan ojek, lokasi lomba bisa juga dicapai dengan kendaraan umum. Dari beberapa alternatif, commuter line merupakan pilihan terbaik untuk kendaraan umum. Kereta paling pagi menuju Depok berangkat pukul 04.45 dari stasiun Manggarai. Perjalanan menuju stasiun Pondok Cina, yang hanya berjarak beberapa menit berjalan kaki ke garis start, memakan waktu sekitar 25 menit.

Dengan demikian maka peserta lomba kategori 21K yang akan dilepas pukul 05.30 pun masih memiliki waktu sekitar 15 menit untuk melakukan persiapan.

#5 Tempat menginap di sekitar lokasi

Bagi yang memutuskan untuk menginap di sekitar lokasi, ada beberapa hotel yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah The Margo Hotel yang berlokasi di komplek Margocity. Tidak jauh dari situ ada juga Hotel Bumi Wiyata, juga Hotel Santika dan Fave Hotel.

Selain hotel, apartemen Margonda Residence juga bisa menjadi pilihan. Banyak unit di lokasi ini yang disewakan secara harian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *