Bugaraga – Perhelatan Maybank Bali Marathon 2018 telah berlangsung tanggal 9 September 2018 kemarin, namun animonya akan terus terasa sampai seminggu ke depan. Tidak heran karena Maybank Bali Marathon adalah salah satu marathon yang paling ditunggu-tunggu bagi mereka pencinta olah raga lari.

Marathon memang tidak untuk semua orang. Namun olahraga yang dahulu hanya disenangi oleh beberapa orang saja, kini telah meluas dan mampu mengambil hati semua golongan untuk menjadikannya sebagai pilihan olah raga untuk memenuhi gaya hidup sehat.

Hingga jangan heran kalau sekarang hanya butuh waktu beberapa jam saja bagi pendaftaran banyak race menjadi sold out, dan sulit untuk mendapatkan slot kalau kamu tidak buru-buru mendaftar.

Panitia penyelenggara lomba setiap tahun pun harus menambah kuota atau mengambil kebijakan dengan memberikan jatah bagi komunitas lari agar mendapatkan pembagian jatah slot race yang bisa merata.

Namun dibalik gegap gempita Maybank Bali Marathon yang dianggap sebagai penunaian ibadah lari bagi yang mampu, ternyata ada 5 unik yang hanya ada di Maybank Bali Marathon. Apa sajakah itu?

5 hal unik yang hanya ada di Maybank Bali Marathon

  1. Pembagian Slot Gratis Bagi Peserta Setianya sebagai Bentuk Apresiasi Maybank Bali Marathon.

Maybank Bali Marathon tidak menutup mata dengan partisipannya yang setia. Sejak pertama kali diadakan tahun 2012, Maybank Bali Marathon sudah memiliki partisipan yang selalu mengikuti ajang lari marathon ini setiap tahunnya.

Dan hal ini diapresiasi dengan memberikan slot lari gratis bagi teman-teman yang sudah mengikuti ajang lari marathon ini selama 5 kali berturut-turut.

Dua diantaranya adalah Haeruman Afrizal dan Benny Mustofa, yang sejak tahun 2017 dan 2018 ini mendapatkan slot gratis dari Maybank, untuk bisa mengikuti ajang lari di Bali ini. Tentunya Haeruman dan Coach Ben hanya 2 dari beberapa orang lain yang juga menerima slot gratis ini, untuk kategori Full Marathon.

Foto Haeruman Afrizal, salah satu peserta rutin MBM  di tahun 2014-2017
Haeruman Afrizal, mendapatkan slot gratis di MBM 2018 lalu

Jadi kalau kamu ingin mendapatkan slot gratis dari MBM, yang bisa kamu lakukan adalah mengikutinya terlebih dahulu selama 4 kali berturut-turut, dan yang kelima, bisa jadi kamu mendapatkannya secara gratis.

  1. The Most Beautiful Maratahon in the World

Maybank Bali Maratahon dijuluki sebagai marathon dengan jalur terindah. Bahkan The Active menyatakan bahwa Maybank Bali Marathon adalah “Remarkable Races in the World that One Must Participate before You Die” oleh The Active dan “The 52 Best Races on Earth 2016” oleh Runnersworld. Dan pencapaian ini bukan tanpa kerja keras.

Selama 6 bulan sebelum perhelatan di adalah, bagian CSR dari Maybank melakukan survei dan sosialisasi kepada penduduk setempat, melakukan pendekatan dan memenuhi kebutuhan sesuai dengan ketentuan yang mereka miliki, sehingga masyarakat Bali yang rute jalanannya terlewati tidak merasa terganggu.

Jadi jangan heran kalau anak-anak sekolah banyak sekali menyambut dengan riang gembira para pelari Maybank Bali Marathon ini, karena memang sudah ada pendekatan personal yang dilakukan oleh pihak Maybank, demi kelancaran acara ini.

  1. Jalur Marathon Pertama yang Menyuguhkan Tari-tarian dan Kesenian Daerah Bali

Agak sulit untuk bisa mendapatkan personal best di Maybank Bali Marathon. Bukan karena jalurnya, namun kamu akan dengan sukarela berhenti, untuk menikmati tari-tarian yang disuguhkan di setiap desa, atau opera kecil antara 2 tokok Bali lain yang pasti akan membuat kamu tergoda untuk berfoto-foto.

Musik khas gamelan Bali dan anak-anak SD di sepanjang jalur yang kamu lewati juga menambah keramah tamahan serta menunjukkan kekentalan suasana Bali, yang tidak akan kamu temui di tempat lain. Ditambah lagi dengan pemandangan sawah dan gunung yang sangat menyejukkan mata, membuat Bali Marathon tidak hanya sekedar ajang lari, namun juga tujuan wisata pelari.

Keindahan alam dan keramah-tamahan ini jugalah yang akhirnya diduplikasi oleh Borobudur Marathon. Namun tetap, Maybank Bali Marathon adalah marathon pertama yang berani menyuguhkan warna lain berupa tarian dan kekentalan tradisi Bali, sehingga pelari dari mancanegara pun ikut menunggu perhelatan ini diadakan setiap tahunnya.

  1. Marathon Pertama yang Diadakan Kembali di Indonesia

Maybank Bali Marathon tahun 2012 adalah marathon pertama yang diadakan kembali di Indonesia. Adalah Satyo Haryo yang pada saat itu yang memberikan ide yang unik, mengadakan kembali marathon ini di Indonesia, dan mengambil Bali sebagai pilihan tempat diberlangsungkannya ajang lari ini.

Karena kecintaannya di dunia olah raga lari, dan idenya yang unik, akhirnya Satyo Haryo jugalah yang memegang tanggung jawab seagai Race Director, dibantu oleh Bertha Gani dan Muara Sianturi dari RunID.

Sebelum Maybank Bali Marathon, hanya ada race-race kecil berjarak 5 sampai 10 km saja. Race yang paling ekslusif saat itu adalah Adidas King of the Road, yang secara bergantian diadakan di 5 negara dengan tema yang sama, dengan jarak 10 mile atau 16,8 km. Sayangnya Adidas King of the Road sudah tidak pernah diadakan kembali.

Dan ajang lari lain yang cukup jauh hanya Standard Chartered Jakarta Marathon, dengan jarak terjauh hanya Half-Marathon. Namun Standard Chartered Half-Marathon ini juga akhirnya tidak pernah terdengar lagi.

  1. Maybank Bali Marathon adalah Marathon Indonesia Pertama yang Mendapatkan Sertifikasi IAAF AIMS

Jalur pilihan yang dilalui oleh para pelari marathon di Bali Marathon juga bukan sembarangan. IAAF sebagai federasi internasional di dunia atletik juga ikut mengecek dan menilai jalur yang dipilih oleh Maybank Bali Barathon.

Suatu ajang lari yang mampu mendapatkan sertifikasi ini, menjadikannya tidak hanya istimewa, namun juga sebuah kehormatan karena tidak banyak negara yang mampu. Dan Indonesia berkat Bali Marathon, adalah salah satu yang bisa mendapatkan sertifikasi ini, sehingga kita patut merasa bangga.

Sejak tahun 2017, Maybank Bali Marathon yang biasanya mengadakan tempat pengambilan racepacknya di hotel berbintang, kini untuk memberikan pengalaman yang unik, pengambilan racepack dilakukan di tempat terbuka.

Bertempat di Taman Bhagawan yang letaknya lumayan jauh dari tempat parkir, peserta sudah langsung merasakan suasana beach party dan exponya yang menarik. Tapi jangan khawatir, ada shuttle yang siap mengantarkan ke tempat pengambilan race pack, sehingga kamu nggak akan merasa kecapaian duluan sebelum race.

Jadi, untuk kamu yang belum pernah mengikuti Maybank Bali Marathon, jangan lupa masukkan Maybank Bali Marathon ke dalam bucket list kamu ya.

 

Image: strava.com

Fioney Sofyan, S. Ked., RFA
A financial enthusiast who loves writing and running, and dreaming one day can participate in 6 World Marathon Major

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *