Pergi ke pusat kebigaran atau gym menjadi tren kaum urban untuk menjaga kesehatan.

Banyak manfaat yang bisa didapat di gym. Selain membuat tubuh sehat, berguna juga untuk menambah koneksi pertemanan.

Namun, Anda juga perlu mengetahui rambu-rambu kala berada di tempat kebugaran. Hal tersebut agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung lainnya.

Ingat, Anda tak cuma berbagi ruang dengan anggota lainnya, tapi juga berbagi peralatan yang sama. Apalagi, karena ruang yagn cenderung terbatas, umumnya peralatan di gym diletakkan berdekatan.

Berikut ini lima etika yang perlu Anda ketahui saat berlatih di gym.

1. Mandilah Sebelum Berlatih

Memang, anda akan berkeringat lagi seusai meninggalkan gym, tapi tak ada salahnya mandi dulu sebelum latihan. Tak perlu pelit sabun, toh anda bisa mandi sekali lagi setelah latihan. Ingat, kita sedang berbagi ruang bersama orang lain. Anda tentunya juga tak ingin mencium bau bandan yang kurang sedap dari rekan sesama member, bukan? Pastikan tubuh dan pakaian anda bersih dan tidak berbau sebelum memasuki gym. Jangan ragu untuk menggunakan deodoran bila perlu.

Nah, itulah beberapa etika ngegym yang patut anda patuhi. Anggap saja gym adalah rumah pacar anda di mana anda harus menjaga kelakuan Anda.

2. Letakkan Kembali Peralatan yang Anda Gunakan Pada Tempatnya

Anda baru saja menikmati latihan biceps curl menggunakan dumbbell ataupun squat dengan barbell? Bila sudah menyelesaikan seluruh set anda, silakan kembalikan dumbbell dan pelat beban kembali ke rak atau tempatnya semula. Mengembalikan peralatan dengan benar dan sesegera mungkin membantu memudahkan anggota lainnya untuk menemukan beban yang ingin mereka gunakan.

3. Menyingkirlah Dari Cermin Saat Orang Lain Sedang Menggunakannya

Cermin yang ada di gym bukan berfungsi untuk narsis, melainkan untuk membantu anda melihat apakah anda melakukan gerakan dengan sempurna atau tidak. Bila seseorang sedang menggunakan cermin untuk mengoreksi bentuk gerakan mereka, sebaiknya anda berkaca dan menghalangi pandangan mereka.

4. Jangan Ragu Untuk Berbagi

Kita semua memiliki waktu yang terbatas di gym. Bila anda sedang melakukan beberapa set pada sebuah alat, perhatikan member lain yang juga ingin menggunakannya. Anda bisa memberi mereka kesempatan berlatih dengan alat itu pada jeda istirahat antarset. Ini penting, apalagi bila anda menggunakan alat lebih dari satu sekaligus untuk melakukan superset maupun rangkaian gerakan.

5. Jangan Meninggalkan “Jejak” di Alat

Salah satu etika penting di gym adalah langsung mengelap peralatan gym setelah anda menggunakannya. Anda juga pasti risih melihat alat yang ingin anda gunakan masih ditempeli oleh sisa keringat anggota lain, bukan? Selalu bawa lap atau handuk kecil dan gunakan setiap Anda selesai memakai alat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *