Marathon internasional di Singapura, Standard Chartered Singapore Marathon (SCSM) kembali digelar pada 8 dan 9 Desember 2018. Pada tahun ini SCSM ingin menyajikan kualitas lomba yang lebih baik dan membawa peserta kepada momen yang tak terlupakan.

“Semua ajang olahraga yang sukses pasti meprioritaskan pesertanya, sembari menghasilkan ajang dengan standard kelas dunia. Semua ajang yang bagus memiliki satu persamaan – setiap orang yang berpartisipasi dapat bergembira,” ujar Managing Director IRONMAN Asia, Geoff Meyer, selaku pihak penyelenggara.

Rute SCSM telah dikembangkan pada tahun 2018. Hal ini untuk meminimalisir ketidaknyamanan masyarakat luas atas keberadaan ajang ini. Berbagai informasi yang memadai akan disiapkan sebelumnya guna menginformasikan kepada publik tentang penggunaan fasilitas umum dalam acara ini termasuk penutupan jalan, sehingga mereka dapat berencana untuk menggunakan rute perjalanan alternatif. Meskipun ada penutupan jalan umum untuk digunakan dalam rute marathon, namun jalan ke tempat-tempat pelayanan darurat seperti rumah sakit akan tetap dapat diakses oleh masyarakat umum.

Lalu apa saja yang disajikan panitia kepada peserta agar SCMS tahun ini memiliki daya tarik yang lebih?

MEMISAHKAN WAKTU LOMBA BERDASARKAN JARAK

Demi kenyamanan peserta, waktu lomba dibagi menjadi 2 hari. Saat ini sudah hampir 40.000 orang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam SCSM, dengan waktu lomba yang dibagi mejadi 2 hari. Nomor lari 5 km dan 10 km dengan nomor Kids Dash akan diselenggarakan pada 8 Desember, sementara nomor half dan full marathon akan diselenggarakan keesokan harinya.

RUTE BARU DENGAN GARIS START DAN FINISH YANG SAMA

Untuk pertama kalinya dalam sejarah ajang marathon tahunan ini, nomor 5 km, 10 km, 21 km dan 42 km akan berlari dengan garis start dan finish yang sama.

Peserta dari National Steps Challenge dengan nomor 5 km dan 10 km akan melakukan start bersama-sama di pagi hari pada Sabtu, 8 Desember. Runners akan melewati rute yang sama menuju Kallang Basin, di mana untuk runners nomor 5 km akan berputar kembali untuk berlari melewati Esplanade, sementara runners di nomor 10 km akan melanjutkan menuju Stadion Nasional Singapura. Pelari dari kedua nomor tersebut akan mengakhiri balapan mereka di The Float, Marina Bay.

Sedangkan untuk tanggal 9 Desember, nomor half dan full marathon akan berlomba dengan melewati The Padang, dimana National Gallery of Singapore berada, menuju kawasan pusat bisnis (CBD) dan berputar kembali kearah lapangan Golf Marina Bay. Menjelang akhir, dalam rute tersebut, pelari akan menikmati pemandangan kota yang unik saat mereka melintasi Singapore Flyer menuju garis finish di tengah-tengah pemandangan kawasan Marina Bay yang spektakuler.

Ajang ini juga menampilkan beberapa fitur baru yang akan meningkatkan kenyamanan dan experience lomba. Area flag-off yang terletak di bawah Singapore Flyer akan memberikan akses yang mudah bagi para runners, yang memberikan mereka ruang untuk mengatur akselerasi saat memulai lomba.

AREA UNIVERSAL STUDIO UNTUK KATEGORI ‘KID DASH’

Anak-anak akan lebih bergembira dengan mengikuti SCSM ini karena kategori The Kids Dash akan dimulai di area Universal Studios yang terletak di Resorts World Sentosa yang diselenggarakan pada hari sabtu (9 desember 2018). Rute ini memungkinkan bagi para orangtua untuk ikut berlari dan bergembira menemani anak-anak mereka. Untuk para peserta dan orang tua dapat memilih paket yang meliputi pendaftaran lomba Kids Dash, akses masuk ke beberapa wahana bermain di Universal Studios dan voucher belanja.

TERSEDIA SPLASH DAN ICE-CHIP STATION

Terdapat 15 zona hidrasi dan pendinginan yang tersedia disepanjang rute untuk nomor 21 km dan 42 km. Selain itu, panitia juga menyajikan fitur baru seperti splash dan ice-chip stations agar para peserta yang berlari dengan jarak jauh dapat mendinginkan panas tubuh saat berlari. Sebagai tambahan, panitia juga akan menyediakan 26 titik hiburan yang menampilkan acara musik, street dance, dan cheerleaders untuk memeriahkan suasana lomba.

LOMBA LARI DI KAWASAN ASIA TENGGARA YANG BERSTATUS ‘GOLD LABEL ROAD RACE’

“SCSM bukan hanya sebuah ajang perlombaan lari, tetapi juga menjadi ajang bagi setiap orang yang bergaya hidup aktif untuk dapat menikmati dan merayakan akhir tahun dengan cara yang sehat dan menggembirakan.”, ujar Lim teck Yin, CEO dari Sport Singapore, badan yang menaungi urusan olahraga dibawah Kementerian Kepemudaaan dan Kebudayaan pemerintah Singapura

SCSM merupakan salah satu ajang marathon internasional terbesar di kawasan Asia Tenggara. Saat ini SCSM menjadi satu-satunya ajang lomba lari di kawasan Asia Tenggara yang berstatus Gold Label Road Race, level tertinggi dalam daftar International Association of Athletics Federations (IAAF). Pada pertengahan tahun 2000an, SCSM salah satu ajang dalam rangkaian seri lomba lari yang bertema “The Greatest Race on Earth” yang di sponsori oleh Standard Chartered.

Untuk mendaftar dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi  www.SingaporeMarathon.com. Pemegang kartu Standard Chartered dapat menikmati potongan 15% biaya registrasi dalam suatu kategori.

Untuk gambar rute SCSM 2018 dan SCSM 2017 dengan resolusi tinggi, silakan diunduh disini.

Untuk informasi lomba, kamu bisa juga mengikuti media sosial resmi dari SCSM berikur:

Facebook : www.facebook.com/SGmarathon

Instagram : @sgmarathon

Twitter  : @SG_marathon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *