Ada pepatah tua yang mengatakan, semua jalan akan mengarah ke Roma. Di dunia triathlon, semua ‘jalan’ mengarah ke Kona dan Kejuaraan Dunia Ironman.

Jika Anda sudah dipengaruhi ‘wabah’ triathlon, Anda akan ingin berpartisipasi di half-Ironman dan full-Ironman.

Berikut sejumlah tip dari triathlete seperti dilansir Gofit untuk Anda yang ingin meningkatkan tantangan Anda di triathlon:

1. Latihan Setiap Hari

Butuh minimal 13 jam latihan tiap minggu untuk menyiapkan tubuh Anda menghadapi sebuah kejuaraan Ironman. Artinya, Anda akan berlatih hampir tiap dalam seminggu.

Setelah itu, Anda tidak hanya berenang, bersepeda, dan berlari, tetapi juga harus mengalahkan cut off time. Partisipan Ironman – baik di kategori half atau full – akan disingkirkan dari lintasan jika tidak mampu finish di durasi waktu yang telah ditentukan.

Jadi, luangkan waktu dengan serius untuk berenang, bersepeda, dan berlari sebelum Anda berangkat ke kejuaraan Ironman.

2. Jangan Anggap Remeh

Untuk situasi tertentu, Anda bisa ‘menipu’ latihan untuk half-Ironman atau full-Ironman. Dengan kata lain, Anda bisa finish kejuaraan ini tanpa latihan yang memadai. Namun kami pastikan, Anda bakal membenci kejuaraan ini.

Terdapat sedikit hal yang lebih menyedihkan di kehidupan ketimbang melewatkan 17 jam di lintasan lomba Ironman dengan setiap ayunan tangan saat berenang, kayuhan kaki ketika bersepeda, dan ayunan kaki ketika berlari yang dilakukan penuh kebencian.

Ya, terdapat para amatir yang menyelesaikan lomba tanpa berlatih dengan memadai. Tetapi mereka mengeluarkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 6,5 juta hanya untuk mendapatkan rasa nyeri, rasa sakit, dan tentu saja kebencian.

3. Segmen Keempat

Anda mungkin sudah memahami, triathlon melibatkan tiga segmen – berenang, bersepeda, dan berlari. Namun untuk sukses di Ironman, Anda butuh segmen keempat: Nutrition.

Tidak seperti kategori sprint atau Olimpic, Ironman adalah sebuah aktivitas yang mengharuskan Anda berenang, bersepeda, dan berlari dengan cepat. Dan satu lagi yang penting, bagaimana Anda mendapatkan kalori yang mememadai agar tidak ‘loyo’.

Kecuali Anda atlet profesional, butuh waktu sedikitnya 10 jam untuk menuntaskan Ironman. Di durasi waktu tersebut akan sangat tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan kalori lebih banyak ketimbang yang dibakar.

Tubuh manusia tidak dirancang untuk mengambil lebih dari 700 kalori tiap jam dalam latihan yang intensif. Sementara di saat yang sama, tubuh Anda membakar kalori 4-5 kali jumlah tersebut.

Triknya adalah mencari tahu bagaimana tubuh bereaksi terhadap stres dalam waktu lama dan bagaimana cara terbaik melakukan kompensasi tanpa merasa ‘loyo’ di kejuaraan Ironman

4. Hindari Cedera

Ini adalah aturan nomor satu yang harus Anda patuhi untuk pergi ke kejuaraan Ironman. Dengan kata lain Anda harus memelihara kesehatan dan menghindari cedera selama latihan.

Tantangannya, latihan berjam-jam yang dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadap Ironman membuat sulit untuk bebas dari ancaman cedera.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *