Sepatu menjadi salah satu komponen yang penting dalam olahraga. Namun, perlu diingat pula bahwa tak semua sepatu olahraga cocok dengan Anda.

Dampaknya memang tak main-main. Jika sampai salah menggunakan sepatu, Anda bisa mengalami risiko cedera.

Seperti dikutip dari Kompas.comberikut ini adalah tips memilih sepatu olahraga dari Prizka Rahmanisa selaku Product Specialist Nike Indonesia.

1. Ketahui jenis olahraga Anda

Belakangan ini, olahraga lari dan training berkembang pesat di Indonesia. Namun, tak sedikit mereka yang baru menggeluti olahraga ini malah mengeluh cedera pada kaki. Bisa jadi, hal itu akibat pemilihan sepatu yang salah, selain juga belum berpengalaman.

Prizka mengatakan bahwa setiap orang harus memahami dulu seluk-beluk olahraga yang akan digeluti, setelah itu bisa mulai memilih sepatu. Pemilihan sepatu itu termasuk melihat komponen di dalam sepatu–seperti bantalan, bagian sol, juga bahan sepatu.

2. Perhatikan bagian atas sepatu (upper)

Terdapat ragam yang bisa dipilih, sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari yang lentur dan tipis seperti bahan flyknit hingga bantalan upper tebal.

3. Jangan memilih berdasarkan model dan warna

Jika Anda memilih sepatu dengan indikator seperti itu, bukan tak mungkin akan berujung cedera.

Tentu jika memilih model dan fungsi yang benar, gerakan Anda akan lebih maksimal dan olahraga bisa berdampak positif pada tubuh.

4. Jangan malu untuk bertanya kepada penjaga toko

Cobalah untuk bertanya langsung kepada penjaga toko. Sebab, terkadang mereka jauh lebih tahu soal produk daripada pengujung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *