Kebanyakan orang akan memanfaatkan momen liburan Natal dan Tahun Baru untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tidak salah, kok. Tapi berlibur bukan berarti tidak berolahraga.

Apalagi liburan hari raya identik dengan makanan enak yang umumnya berlemak dan tinggi kalori. Tentunya Anda ingin, tubuh tetap fit setelah liburan?

Lakukan latihan interval intensitas tinggi berikut ini. Latihan ini bermanfaat menambah kekuatan, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan –karena berintensitas tinggi- efektif membakar kalori dan lemak.

Tidak perlu alat tambahan, cukup dengan beban berat badan sendiri. Lakukan 30 detik untuk setiap gerakan. Itu satu set. Lakukan 4 set dengan istirahat 10-20 detik setiap set.

Berikut empat gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan seperti dilansir runner.id.

High Knee with Twist

Berdiri, buka kaki selebar pinggul, kedua tangan di belakang telinga. Angkat lutut kanan sambil Anda mengarahkan siku kiri mendekati lutut kanan. Kembali ke posisi awal. Ganti kaki.

Side Shuffle

Berdiri, buka kaki selebar pinggul, kedua tangan di samping tubuh. Lompat ke sisi kanan, mendarat dengan bertumpu pada kaki kanan sambil mengangkat kaki kiri.

Setelah itu, lompat kembali ke sisi kiri dengan bertumpu pada kaki kiri sambil mengangkat kaki kanan.

Reverse Lunge

Berdiri, buka kaki selebar pinggul, kedua tangan di samping tubuh. Langkahkan kaki kanan ke belakang dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat, sambil mengayunkan tangan kanan ke depan. Kembali ke posisi awal. Ganti kaki.

Plank Touch

Bersiap di posisi plank (bertumpu pada telapak tangan dan jari kaki, tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit). Dengan bertumpu pada tangan kiri, arahkan tangan kanan ke bahu kiri. Kembali ke posisi awal. Ganti tangan.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *