Pelari punya tubuh bugar, itu jelas. Namun, juga banyak pelari punya kendala fleksibilitas dan kekuatan.

Bagusnya, hal tersebut bisa diatasi dengan berlatih yoga. Melakukan yoga sebelum lari, sesudah lari, atau bahkan setiap hari sebagai bentuk latihan tersendiri –keempat gerakan berikut termasuk gerakan dasar, jadi baik dilakukan setiap hari –sangat disarankan untuk melatih fleksibilitas dan kekuatan Anda.

Lakukan 10 hitungan napas untuk setiap gerakan. Itu satu set. Lakukan empat set, kecuali Child Pose yang bisa dilakukan selama yang Anda inginkan.

Berikut keempat gerakan yoga dan manfaatnya seperti dilansir Runner.id:

1. Anjaneyasana / Low Lunge

Manfaat: Mengurangi ketegangan pada punggung bawah, pinggang, dan paha.

Berdiri, kedua kaki dibuka selebar pinggul. Langkahkan kaki kanan ke belakang, lalu letakkan lutut kanan di lantai. Posisi lutut kiri ditekuk.

Panjangkan kedua tangan di atas kepala, punggung lurus, lalu arahkan tubuh ke belakang hingga Anda merasakan peregangan pada punggung bawah, pinggang, dan paha kanan bagian depan.

2. Supta Padangusthasana / Reclining Hand-to-Big-Toe

Manfaat: Meregangkan betis dan kaki.

Berbaring telentang di lantai. Angkat lurus kaki kanan dan arahkan ke dada tanpa menekuk lutut, lalu coba raih jari kaki atau telapak kaki dengan kedua tangan dengan mempertahankan posisi punggung tetap lurus. Bila belum mampu, Anda bisa menggunakan handuk atau tali atau memegang betis kanan.

3. Adho Mukha Svanasana / Downward-Facing Dog

Manfaat: Meregangkan punggung hingga bahu.

Bersiap dalam posisi pushup, telapak tangan diletakkan di lantai tepat di bawah bahu, tumpuan pada jari-jari kaki, posisi tubuh lurus dari kepala hingga tumit. Dari posisi tersebut, bawa tubuh ke arah belakang dengan mengarahkan bokong ke atas hingga tubuh membentuk posisi V terbalik.

Pertahankan posisi punggung tetap lurus dan tumit menempel di lantai (bila tumit masih terangkat, majukan telapak kaki hingga telapak kaki dan tumit bisa menempel rata di lantai).

4. Balasana / Child Pose

Manfaat: Meregangkan tubuh bagian bawah.

Mulai dengan posisi bersimpuh (duduk dengan kedua kaki dilipat ke belakang dan ditindih bokong). Kedua telapak tangan diletakkan di atas paha.

Dari posisi tersebut, turunkan tubuh ke depan hingga dada bertemu dengan paha dan dahi berada di atas lantai. Putar bahu ke depan dan letakkan kedua tangan di samping tubuh.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *