Pakaian dan sepatu lari tak akan bertahan selamanya, namun kita bisa memaksimalkan usia pemakaiannya. Berikut tiga tips yang diambil dari blog Asics agar peralatan tersebut lebih awet.

1. Gantung pakaian setelah dipakai

Ada beberapa kriteria dalam memilih pakaian lari. Salah satu yang utama adalah mampu menyerap kelembapan. Pakaian yang bersifat teknis seperti ini membuat tubuh terasa kering dan adem selama berlari.

Namun,pakaian seperti ini memerlukan penanganan khusus. Saat kita berkeringat, pakaian lari tersebut akan menyingkirkan kelembapan dari kulit, tapi bila tidak ditangani dengan tepat, pakaian tersebut juga dapat memerangkapkan bakteri penyebab bau badan.

Bila setelah berlari kamu tidak langsung mencucinya, lebih baik segera gantung daripada menumpuknya dalam keranjang cucian kotor karena berpontesi menjadi tempat tumbuh suburnya bakteri. Pakaianmu mulai terasa tak nyaman bahkan setelah mencucinya dengan baik? Bisa jadi itu pertanda aus. Ketahui kapan harus mengganti pakaian lari di sini.

2. Hindari pelembut dan suhu panas

Bahan pelembut pakaian dapat meninggalkan residu yang berpotensi merusak kemampuan pakaian dalam menyerap kelembapan. Sedangkan mencuci dengan suhu panas di mesin cuci dapat membuat bau badan justru makin terperangkap dan merusak bahan pakaian.

Untuk pakaian teknis seperti itu, lebih baik cuci dengan air dingin dan –bila mungkin– menggunakan detergen khusus pakaian olahraga. Setelah dicuci, keringkan pakaian secara alami. Hindari menggunakan pengering (dryer) karena dapat merusak serat pakaian.

Khusus untuk sports bra, gunakan mesh laundry bag saat mencucinya untuk menghindari kaitannya terjerat pakaian lain. Hindari juga mencucinya pada suhu panas di mesin cuci dan mengeringkan dengan pengering karena panas dapat merusak elastisitas dan bentuk sports bra.

3. Cuci dengan tangan dan keringkan secara alami

Bersihkan bagian luar sepatu lari yang kotor dengan sikat gigi bekas yang lunak menggunakan air hangat dan sabun yang lembut. Bila sepatu lari basah, jangan keringkan dengan pengering.

Logikanya sama seperti mencuci pakaian, panas dapat merusak lem yang merekatkan bagian midsole dan outsole, serta melengkungkan bentuk sepatu. Lebih baik keluarkan insole, lalu masukkan kertas koran ke dalamnya dan biarkan mengering secara alami selama kira-kira 12 jam.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *