Berenang merupakan olahraga yang memberikan banyak manfaat buat tubuh. Namun, sering berenang juga dapat menimbulkan dampak negatif terutama buat rambut dan kulit jika Anda tidak melakukan upaya-upaya pencegahan.

Air dalam kolam renang biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak rambut dan kulit, apalagi jika kita berenang di bawah paparan sinar matahari.

Untuk membunuh berbagai bakteri, kuman, dan lumut yang hidup dalam air kolam renang, bahan-bahan kimia seperti disinfektan dan sanitizer akan dicampurkan pada air.

Soda abu (natrium karbonat) juga kerap dicampurkan untuk meningkatkan pH air.

Yang paling umum dipakai sebagai disinfektan dan sanitizer adalah klorin. Proses pelepasan zat klorin dalam air disebut dengan klorinasi.

Meskipun klorin sangat berguna untuk membunuh bakteri, bukan berarti klorin tidak akan memberikan efek apa pun pada rambut dan kulit manusia yang langsung bersentuhan dengan air kolam.

Jika kita sering berenang, tentu lama-lama dampak klorin pada rambut dan kulit akan semakin terasa. Klorin bisa menyebabkan rambut dan kulit kering karena reaksi oksidasi yang dihasilkan.

Maka, penting bagi kita yang sering berenang untuk memberikan proteksi ekstra pada rambut dan kulit sehingga tetap bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit sambil menikmati segarnya kolam renang.

Namun kita bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memberi perlindungan bagi rambut seperti dikutip Kompas.com:

1. Lindungi dengan kondisioner atau minyak zaitun

Bilas rambut sebelum masuk ke dalam kolam dan lapisi dengan kondisioner atau minyak zaitun. Oleskan tipis dan ratakan hingga seluruh ujung rambut terlindungi.

Dengan demikian, klorin atau zat-zat berbahaya lainnya akan tertahan oleh kondisioner atau minyak zaitun, tidak langsung menyerang rambut.

2. Memakai topi renang

Untuk memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan kulit kepala, kita juga bisa memakai topi renang.

Topi renang memang tidak akan menjamin rambut bersih sama sekali dari klorin, tapi paling tidak melindungi dari sengatan matahari dan memperlambat dampak berbahaya klorin bagi rambut.

Selain itu, kita juga bisa berenang dengan lebih bebas dan nyaman karena rambut sudah terbungkus rapi dalam topi renang.

3. Langsung keramas hingga bersih

Setelah berenang, cuci rambut dengan bersih dan aplikasikan kondisioner untuk melembapkan.
Kalau bisa, gunakan air hangat agar bisa lebih cepat membersihkan bahan-bahan kimia yang menempel pada rambut dan kulit kepala.

Keringkan dengan handuk dan hindari dulu penggunaan pengering rambut atau alat catok supaya kulit kepala bisa memproduksi minyak yang akan melembutkan rambut secara alami.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *