Tidak bisa dibantah lagi, olahraga lari memiliki manfaat positif bagi tubuh. Di antaranya, meningkatkan kekuatan fisik, menjaga bentuk tubuh, membakar kalori, dan sebagainya.

Akan tetapi, ada lebih dari sekadar manfaat yang terdapat dalam dunia lari. Berikut ini adalah beberapa fakta unik seperti dilansir Kompas.com yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

1. Lari bisa sangat menantang

Selain marathon yang konvensional, ada juga lari lumpur dan lari rintangan yang cukup menarik.

Pada tahun 2014 saja, ada sekitar 4 juta pelari yang mencapai finish dalam lomba lari non-tradisional tersebut. Orang sering menganggapnya lebih menantang daripada sekedar balapan ke garis finish.

2. Kita bisa lari mengitari Bumi Ini adalah fakta.

Jika kamu lari terus menerus selama sekitar 5 tahun (5,7 tahun tepatnya), kamu bisa menempuh jarak 40.073 km. Ukuran lingkaran bumi adalah 40.074 km. Cukup mendekati, bukan?

3. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, lari lebih cepat, atau lebih lama

Ambil contoh lari 13 km, misalnya. Jika seseorang dengan berat 100 kg menempuh jarak tersebut dengan lari, ia bisa membakar sekitar 150 kalori.

Untuk orang dengan berat 54 kg, ia bisa membakar sekitar 82 kalori. Ini berarti, semakin bugar tubuh, maka semakin sedikit kalori yang terbakar dalam jarak tempuh yang sama.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *